Tekno  

Memo Bill Gates 25 Tahun Lalu: Gelombang Pasang Surut Internet

Miliarder sekaligus pendiri Microsoft Bill Gates pada 26 Mei 1995 atau 25 tahun lalu menuliskan memo internal kepada staf eksekutif Microsoft dan laporan langsungnya untuk memuji manfaat memperluas kehadiran internet.

Gates yang saat itu masih menjadi CEO Microsoft memberi judul memo itu: “Gelombang Pasang Surut Internet.”

“Internet adalah gelombang pasang. Itu mengubah aturan. Ini adalah kesempatan luar biasa dan juga tantangan yang luar biasa,” tulis Gates dalam memo itu sebagaimana dilansir dari CNBC Make It di Jakarta, Jum’at (29/5/2020).

Inti dari memo itu adalah bahwa internet dengan cepat menjadi kekuatan yang sudah mengubah cara orang dan bisnis berkomunikasi satu sama lain setiap hari.

“Saya telah melalui beberapa tahap untuk meningkatkan pandangan saya tentang pentingnya [internet]. Sekarang saya menetapkan internet sebagai tingkat kepentingan tertinggi.” tulis Gates.

Gates melanjutkan dengan menunjukkan tujuan utamanya untuk memo itu: “Saya ingin menjelaskan bahwa fokus kita pada Internet sangat penting untuk setiap bagian dari bisnis kita.”

Dalam memo itu, Gates menjelaskan sedikit bagaimana ia melihat internet digunakan pada tahun 1995, dengan bisnis dan individu yang mempublikasikan konten yang semakin meningkat secara online, dari situs web pribadi ke file audio dan video.

“Yang paling penting adalah bahwa Internet telah bootstrap sendiri sebagai tempat untuk mempublikasikan konten,” tulis Gates.

“Ini memiliki cukup banyak pengguna sehingga mendapat manfaat dari loop umpan balik positif dari semakin banyak pengguna, semakin banyak konten yang didapat, semakin banyak pengguna yang didapat.” lanjutnya lagi.

Gates melihat itu sebagai satu bidang di mana Microsoft harus mengambil peluang yang tersedia untuk melayani pelanggan perangkat lunaknya.

Dia mencatat bahwa konten audio dan video sudah dapat dibagikan secara online pada tahun 1995, termasuk secara real-time dengan panggilan telepon yang dilakukan melalui web dan bahkan contoh-contoh awal konferensi video online. {republika}