Jadwal F1 GP Hungaria 2020, Mercedes Bakal Lanjutkan Dominasi?

Kejuaraan Dunia Formula One (F1) 2020 akan memasuki seri ketiga. Adapun yang akan menjadi tuan rumah seri ketiga adalah Sirkuit Hungaroring dengan tajuk F1 GP Hungaria 2020.

Balapan seri ketiga ini rencananya akan dilangsungkan pada Minggu 19 Juli 2020. Sementara itu, sesi latihan bebas satu dan dua akan diselenggarakan pada Jumat 17 Juli 2020. Sedangkan sesi latihan bebas tiga dan kualifikasi digelar Sabtu 18 Juli 2020.

Dalam dua balapan pertama, Tim Mercedes mendapatkan hasil terbaik. Sekadar diketahui, dua balapan pertama Kejuaraan Dunia F1 2020 dilangsungkan di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. Meski begitu, menghasilkan pemenang yang berbeda.

Pada balapan seri pertama, pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, tampil sebagai yang tercepat. Melakoni 71 putaran balap, pilot berpaspor Finlandia itu mencatatkan waktu 1 jam 30 menit 55,739 detik.

Kendati demikian, harus disayangkan karena pada seri kedua Bottas gagal mempertahankan dominasinya. Sebab, yang menjadi pemenang pada balapan seri kedua adalah rekan setim Bottas, Lewis Hamilton.

Luar biasanya, Hamilton berhasil melaju lebih cepat ketimbang Bottas di seri pertama. Tercatat, pada balapan seri kedua Hamilton hanya membutuhkan waktu 1 jam 22 menit 50,683 detik untuk menyelesaikan 71 putaran.

Berbekal hasil impresif tersebut, kini Bottas dan Hamilton secara berurutan menempati posisi pertama dan kedua di klasemen sementara. Bottas mengoleksi 43 poin, sedangkan Hamilton tertinggal enam angka.

Sementara itu, Mercedes mencatatkan diri sebagai pemuncak klasemen konstruktor sejauh ini. Dari dua seri balapan, tim berjuluk The Silver Arrow itu mampu mengumpulkan 80 poin. Mercedes unggul 41 angka atas McLaren yang menempati posisi kedua.

Menyoroti tim lainnya, Scuderia Ferrari yang digadang-gadang bakal menjadi pesaing sengit Mercedes musim ini justru tengah mengalami keterpurukan. Sebab, pada balapan seri kedua, sepasang pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc, mengalami tabrakan.

Kondisi itu membuat Vettel dan Leclerc gagal finis. Pada akhirnya, Ferrari hanya menempati posisi kelima klasemen konstruktor dengan raihan 19 poin. Sedangkan pembalap mereka, Leclerc, harus puas menduduki posisi empat dan Vettel ke-15. {okezone}