Fakta Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Youtuber Turah Parthayana

Turah Parthayana, YouTuber asal Indonesia diduga melakukan pelecehan seksual. Kabar ini terkuak berdasarkan cuitan seorang pengguna Twitter @sandi_sa119 yang saat ini menjadi trending topic di media sosial tersebut.
Turah diduga melakukan pelecehan seksual terhadap seorang perempuan asal Indonesia yang juga teman kuliahnya di Rusia. Pemilik akun Twitter @sandi_sa119 membuat thread di Twitter berisi kronologi kejadian berdasarkan cerita dari korban.
Ia menjelaskan cukup rinci mengenai kasus dugaan pelecehan seksual oleh Turah dari sudut pandang korban. Berikut fakta-fakta kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Turah Parthayana.
Fakta Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Turah Parthayana
  • Korban Setuju Namanya Diekspos
Saat membongkar kasus ini, pemilik akun @sandi_sa119 di Twitter tidak menutupi atau menyamarkan nama korban. Dalam surat pernyataan yang diunggahnya, tertera nama Jesselyn Abidin alias Jeje.
Surat tersebut dibuat dan ditandatangani oleh ketua Permira Kota Tomsk atau Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Tomsk, Rusia.
Bismilah,
Ini surat dari ketua PPI/Permira kota Tomsk
PS: Nama korban memang sepakat untuk tidak ditutupi“, tulisnya dalam cuitannya untuk membuka thread yang ditulisnya.
  • Berawal dari Ajakan Nonton Film Horor
Menurut keterangan korban dalam rekaman audio yang diunggah oleh @sandi_119, Jeje memang sudah mengenal Turah dan sering main dengannya dan seorang teman lainnya bernama Dani. Saat itu Jeje diajak nonton film horor oleh Turah di kamar Dani yang sedang kosong.
Di tengah menonton film, Turah mulai melancarkan aksinya. Ia mencium dan mengarahkan tangan Jeje untuk memegang kelaminnya.
Kronologi 2:
Si Turah:
-Grepek
-Ngarahin tangan korban untuk pegang K**** dia
– Nyium
PS: yang kuliah di LN pasti paham yg namnya nginep di tempat temen cowok-cewek udah biasa tapi ya bkn berarti mau diewek. Gak ada ‘consent’ di sini,” jelas @sandi_sa119 dalam utasnya melanjutkan cerita Jeje.
3. Turah Takut Reputasinya Hancur
Jeje menceritakan bahwa setelah kejadian tersebut, ia menceritakannya kepada pacarnya. Turah yang mengetahui hal tersebut langsung naik pitam. Ia mendobrak kamar Jeje dan mengatakan bahwa reputasinya bisa hancur jika Jeje menceritakan kejadian tersebut ke orang lain.
“Turah nyalahin gue. Dia bilang ‘Je, lu ngapain ngomong ke cowok lu? Kan ini kita berdua aja yang cukup tau. Jadi sekarang reputasi gue jadi rusak‘, dia bilang gitu,” jelas Jeje dalam rekaman wawancaranya yang diunggah oleh @sandisa119.
4. Turah Tidak Menyangkal Perbuatannya
Berdasarkan cerita Jeje, ayah Turah hendak melaporkannya atas kasus pencemaran nama baik. Namun, Turah mengatakan pada ayahnya untuk tidak melakukannya dan mengatakan bahwa ini murni kesalahan dan kekhilafan dari Turah sendiri.
“Turahnya tuh bilang ‘Udah pa, memang aku yang salah, memang aku yang khilaf pada saat itu’, tapi bokapnya tetep aja bilang kalo ini tuh pencemaran nama baik,” ucap Jeje menceritakan mengenai pengakuan Turah atas perbuatannya.
Manajer Turah, Jehian Panangian Sinabat juga mengatakan hal serupa. Ia menjelaskan bahwa Turah tidak menyangkal perbuatan pelecehan seksual kepada Jeje. {kumparan}