Tekno  

Ini Cara Facebook Perangi Hoaks Tentang COVID-19 di Media Sosial

Facebook lakukan upaya terbaru untuk memerangi penyebaran informasi palsu mengenai Covid-19 yang berpotensi berbahaya. Layar pemberitahuan baru akan muncul ketika ingin memposting, dan akan memunculkan lebih banyak artikel atau tautan lain mengenai informasi berdasarkan sumbernya.

Tujuannya, Facebook mengatakan ini akan membantu orang memahami kemutakhiran dan sumber konten sebelum mereka membagikannya.

Ini juga dapat mengarahkan orang-orang ke Pusat Informasi Covid-19 Facebook untuk memastikan orang memiliki akses informasi yang kredibel tentang Covid-19 berasal dari global otoritas kesehatan.

Melansir dari The Verge, layar pemberitahuan baru ini adalah sebagian dari serangkaian tindakan yang sedang berlangsung yang telah diterapkan Facebook sejak Maret. Hal ini untuk mencegah ketika platform menjadi saluran bagi teori konspirasi terkait virus corona yang membahayakan.

Pada permulaan pandemi, perusahaan mulai menempatkan informasi Covid-19 yang diperiksa dari otoritas kesehatan dan medis terpercaya di bagian atas Umpan Berita, serta pusat informasi Covid-19 yang disebutkan di atas.

Sebagai bagian dari pemberitahuan baru yang dirancang untuk membantu mencegah penyebaran informasi lama, kedaluwarsa, dan hanya informasi palsu, Facebook mengatakan akan mengecualikan sumber informasi tertentu untuk memastikan tautan terpercaya.

“Sejalan dengan itu, kami ingin memastikan bahwa kami tidak memperlambat penyebaran informasi dari otoritas kesehatan yang kredibel, jadi konten yang diposting oleh otoritas kesehatan pemerintah dan organisasi kesehatan global yang diakui, seperti Organisasi Kesehatan Dunia, tidak akan menerima pemberitahuan ini,” kata perusahaan. {okezone}