News  

Bukopin Dirombak, Kookmin Tempatkan 7 WN Korsel di Komisaris dan Direksi

PT Bank Bukopin Tbk merombak susunan direksi dan komisaris Perseroan dalam rapat umum pemegang saham atau RUPS Luar Biasa yang berlangsung Selasa (25/8). Pergantian pengurus tersebut, merupakan salah satu dari empat agenda RUPS Luar Biasa.

Dari informasi yang diperoleh kumparan, ada tiga posisi komisaris yang berganti. Sedangkan di posisi direksi empat pejabat diberhentikan dengan hormat bersamaan dengan itu RUPS Luar Biasa memasukkan lima direksi baru.

Anggota dewan komisaris yang diberhentikan adalah Moch Hadi Santoso, Karya Budiana, dan Muhammad Subhan Aksa. Posisi mereka digantikan oleh Bo Youl Oh, Hae Wang Lee, dan Nanang Supriyatno.

Sedangkan di posisi direksi, yang diberhentikan dengan hormat adalah Heri Purwanto, Imam Subowo, Geger Nuryaman, dan Lalu Azhari. Bersamaan dengan itu, masuk lima nama direktur yang baru yakni Ji Kyu Jang, Sheng Hyup Shin, Eu Hyun Shin, Helmi Fahrudin, dan Dodi Widjajanto.

Agenda lain dari RUPS Luar Biasa ini adalah persetujuan atas pelaksanaan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu atau PMTHMETD dan penerbitan saham baru oleh Perseroan kepada KB Kookmin Bank.

Dengan aksi perseroan ini, perusahaan keuangan asal Korea Selatan atau Korsel itu menjadi pemegang saham pengendali yang memiliki 67 persen dari total saham Bank Bukopin.

RUPS Luar Biasa akhirnya menyetujui pelaksanaan PMTHMETD hingga menetapkan Kookmin sebagai pemegang 67 persen saham Bank Bukopin itu. Bank asal Korea Selatan itu pun menjadi pemegang saham pengendali tunggal atas Bank Bukopin.

Berikut susunan dewan komisaris dan direksi baru Bank Bukopin:

Dewan Komisaris

Mustafa Abubakar, Komisaris Utama/ Independen

Chang Su Choi, Komisaris

Nanang Supriyatno, Komisaris

Susiwijono, Komisaris

Deddy SA Kodir, Komisaris

Bo Youl Oh, Komisaris Independen

Hae Wang Lee, Komisaris Independen

Sapto Amal Damandari, Komisaris Independen

Dewan Direksi

Rivan A. Purwantono, Direktur Utama

Adhi Brahmantya, Direktur

Jong Hwan Han, Direktur

Hari Wurianto, Direktur

Ji Kyu Jang, Direktur

Eui Hyun Shin, Direktur

Sheng Hyup Shin, Direktur

Helmi Fahrudin, Direktur

Dodi Widjajanto, Direktur {kumparan}