Bungkam Liverpool Lewat Penalti, Arsenal Juara Community Shield 2020-2021

Liverpool menjalani pertandingan Community Shield musim 2020-2021 dengan menghadapi Arsenal di Wembley Stadium, Sabtu (29/8/2020) malam WIB. Meski tampil menekan, Liverpool harus puas menutup laga kontra Arsenal dengan kekalahan.

Ya, The Reds –julukan Liverpool– kalah 5-4 via adu penalti, setelah bermain 1-1 di waktu normal. Dengan kondisi tersebut, Arsenal pun dipastikan keluar sebagai juara Community Shield 2020-2020.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Liverpool memulai pertandingan melawan Arsenal ini dengan tempo permainan yang cepat. Alhasil, Liverpool hampir saja membuka keunggulan mereka atas Arsenal melalui aksi dari Mohamed Salah. Namun sepakannya masih melambung.

Tidak berselang lama, giliran Arsenal yang mendapatkan peluan pertamanya di pertandingan ini. Menerima sodoran dari Mohamed Elneny, Eddie Nketiah coba menyambutnya. Namun Virgil van Dijk berhasil memotong umpan tersebut.

Pada menit ke-12, Arsenal berhasil membuka keunggulan mereka atas Liverpool melalui aksi dari Pierre-Emerick Aubameyang. Ya, penyerang berpaspor Gabon tersebut berhasil melepaskan sepakan terukur yang meluncur deras ke dalam gawang Alisson Becker.

Berjarak 6 menit, Arsenal hampir saja menggandakan keunggulan mereka atas Liverpool. Kali ini giliran Bukayo Saka yang hampir mencatatkan namanya di papan skor. Namun sepakan Baka masih berhasil dimentahkan oleh Alisson.

Babak pertama berjalan 35 menit, Liverpool yang tengah dalam kondisi tertinggal kembali mendapatkan kans. Adalah Sadio Mane yang memberikan ancaman ke pertahanan Arsenal. Tapi upaya Sane masih belum membuahkan hasil positif.

Berselang 7 menit, Arsenal kembali mendapatkan peluang untuk bisa memperbesar keunggulan mereka atas Liverpool. Namun upaya yang didapatkan oleh Aubameyang untuk bisa mencetak gol keduanya di laga ini masih berhasil dimentahkan ole Van Dijk.

Hingga 45 menit pertama usai tidak ada gol tambahan yang berhasil dicetak oleh kedua tim. Kedudukan 1-0 untuk keunggulan Arsenal atas Livepool pun masih menghiasi papan skor pertandingan ini.

Babak Kedua

Liverpool yang sedang dalam kondisi tertinggal coba tampil langsung menyerang di babak kedua laga kontra Arsenal. Alhasil, Liverpool hampir saja bisa menyamakan kedudukan, jika sepakan yang dilepaskan oleh Roberto Firmino mampu tepat sasaran.

Pada menit ke-56, Liverpool hampir saja bisa menyamakan kedudukan melalui aksi dari Mane. Akan tetapi sepakan yang dilepaskan oleh personel tim nasional (Timnas) Senegal tersebut masih bisa dihentikan oleh kiper Arsenal, yakni Emiliano Martinez.

Berselang 7 menit, Liverpool kembali mendapatkan peluang emas untuk bisa mengubah skor jadi 1-1 melalui aksi dari Firmino. Ya, Firmino yang mendapatkan umpan silang dari Andy Robertson, lalu coba menyambutnya dengan sundulan. Namun bola hasil sundulannya masih belum tepat sasaran.

Upaya Livepool untuk bisa menyamakan kedudukan akhirnya terjawab di menit ke-73. Adalah Takumi Minamino yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor, usai tembakannya dari dalam kotak penalti Arsenal gagal digapai oleh Martinez. Liverpool 1-1 Arsenal.

Pada menit ke-81, Liverpool nyaris berbalik unggul atas Arsenal jadi 2-1. Akan tetapi peluang emas yang didapatkan oleh Liverpool melalui aksi dari Mane yang meneruskan umpan dari Robertson masih berhasil dimentahkan oleh Martinez.

Di pengujung babak pertama, Arsenal hampir saja mencetak gol kedua mereka pada pertandingan ini. Akan tetapi upaya Arsenal yang hadir dari kaki melalui tembakannya Aubameyang masih gagal membuahkan hasil.

Hingga babak pertama usai, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Kedudukan 1-1 pun menghiasi papan skor laga Liverpool kontra Arsenal. Dengan kondisi tersebut, maka laga antara Liverpool melawan Arsenal sendiri harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Babak Adu Penalti

Dalam babak adu penatli, Arsenal lebih dinaungi keberuntungan, lantaran kelima eksekutor mereka berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Kelima eksekutor Arsenal sendiri ialah: Reis Nelson, Ainsley Maitland-Niles, Cedric Soares, David Luiz, dan Aubameyang.

Sedangkan di pihak Liverpool dari empat penendang penalti, terdapat satu pemain yang gagal menjalankan tugasnya, yakni Rhian Brewster. Sementara empat penenandang lainnya, yaitu Salah, Fabinho, Minamino, dan Curtis Jones berhasil melakukan tugasnya dengan sangat baik.

Arsenal pun akhirnya keluar sebagai juara Community Shield 2020 dengan menang 5-4 atas Liverpool dalam drama adu penalti.

Susunan Pemain:

Arsenal (3-4-3): Emiliano Martinez; Rob Holding, David Luiz, Kieran Tierney (Sead Kolasinac 83’); Hector Bellerin (Cedric Soares 59’), Mohamed Elneny, Granit Xhaka, Ainsley Maitland-Niles; Bukayo Saka (Joe Willock 82’), Eddie Nketiah (Reiss Nelson 82’), Pierre-Emerick Aubameyang.

Pelatih: Mikel Arteta

Liverpool (4-3-3): Alisson; Neco Williams (Takumi Minamino 59’), Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; James Milner (Naby Keita 59’), Fabinho, Georginio Wijnaldum (Rhian Brewster 90’); Mohamed Salah, Roberto Firmino (Curtis Jones 83’), Sadio Mane.

Pelatih: Jurgen Klopp {okezone}