Vettel Beli Mobil Juara Dunia 1992 Tunggangan Nigel Mansell Senilai Rp.52 Miliar

Pembalap tim Formula 1 (F1) Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel memutuskan untuk menambah mobil F1 lawas sebagai koleksinya. Tidak tanggung-tanggung, dia membeli salah satu sasis mobil F1 paling legendaris, Williams FW14B.

Vettel memang diketahui sebagai salah satu pembalap yang doyan mempelajari sejarah F1. Dia kini memiliki salah satu bagian dari sejarah F1 yang paling diinginkan.

Pembalap asal Jerman itu telah membeli mobil Williams FW14B dengan nomor 5. Mobil itu dahulu digunakan Nigel Mansell untuk menjadi juara dunia F1 1992. Williams FW14B dikenal begitu dominan pada 1992.

Dari 16 balapan, Mansell sukses meraih 10 kemenangan dan tiga kali posisi kedua. Sementara 3 balapan lainnya, Mansell gagal finis. Belum lagi Ricardo Patrese yang menjadi rekan satu timnya tak kalah impresif, dengan meraih sembilan podium, termasuk satu kemenangan.

Vettel mengakui nomor 5 yang ada pada mobil milik Mansell menjadi daya tarik tersendiri. Mobil itu unik karena nomor 5 yang ada pada mobil Mansell berwarna merah, sehingga dikenal sebagai ’Red 5’. Sementara nomor 6 yang dipakai Patrese tetap menggunakan warna hitam.

Apalagi Vettel juga saat ini menggunakan nomor 5 pada mobil F1-nya. Oleh sebab itu, pembalap asal Jerman tersebut merasa memiliki kesamaan dengan Mansell yang begitu ikonik.

“Mobil Red 5 sangat menarik bagi saya. Mobilnya begitu unik, dan seperti saya, memiliki nomor 5,” kata Vettel dikutip Bild, Rabu (2/9/2020).

Sayang, belum diketahui berapa banyak uang harus dikeluarkan Vettel untuk menebus mobil legendaris itu. Namun, pada pelelangan yang dilakukan 2019 silam, mobil itu terjual dengan harga 3 juta euro (Rp52 miliar). {inews}