Jokowi Masuk 20 Besar Tokoh Paling Dikagumi di Dunia 2020, Ini Daftar Lengkapnya

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) masuk dalam daftar jajaran 20 tokoh pria di dunia yang paling di kagumi. Peringkat itu berdasarkan riset YouGov selama tahun 2020.

Peringkat pertama diduduki oleh mantan presiden AS, Barack Obama yang menggeser Bill Gates dari posisi pertama tahun 2019.

Bill Gates tegelincir satu peringkat sebagai orang yang paling dikagumi di dunia, untuk pertama kalinya sejak YouGov mulai memasukkan namanya sejak tahun 2014.

Presiden China, Xi Jinping naik dua peringkat diposisi ketiga sebagai tokoh paling dikagumi di dunia.

Riset YouGov tahun ini adalah yang terbesar dengan lebih dari 45.000 orang responden yang tersebar di 42 negara dan wilayah untuk di wawancarai. Pengumpulan tokoh-tokoh sudah dimulai sejak Januari hingga Maret 2020.

YouGov mengumpulkan nominasi secara terbuka dari panelis di 42 negara dan wilayah, menanyakan kepada mereka “Siapa orang yang paling Anda kagumi?”.

Nominasi ini kemudian digunakan untuk menyusun daftar 20 pria dan 20 wanita yang menerima nominasi terbanyak.

Hasilnya pun keluar, terdapat 4 orang baru yang masuk dalam daftar 20 tokok pria paling diakgumi didunia.

Presiden Jokowi menepati peringkat 20, aktor Keanu Reeves di 10, olahragawan Michael Jordan di 13 dan Virat Kohli di peringkat 16.

Berikut daftar 20 Tokoh paling dikagumi di dunia Tahun 2020 menurut YouGov

1. Barack Obama

2. Bill Gates

3. Xi Jinping

4. Narendra Modi

5. Jackie Chan

6. Cristiano Ronaldo

7. Jack Ma

8. Dalai Lama

9. Elon Musk

10. Keanu Reeves

11. Lionel Messi

12. Vladimir Putin

13. Michael Jordan

14. Amitabh Bachchan

15. Donald Trump

16. Virat Kohli

17. Shahrukh Khan

18. Pope Francis

19. Recep Tayyip Erdogan

20. Joko Widodo

Sosok Joko Widodo, Presiden ke-7 Indonesia

Jokowi merupakan putra dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjiatmi. Ia yang lahir di Surakarta (Solo) pada 21 Juni 1961, merupakan putra sulung dari empat bersaudara.

Masa kecil Jokowi diisi dengan berdagang, menjadi ojek payung, dan kuli panggul, untuk keperluan sehari-hari dan sekolahnya. Pendidikan dasar hingga SMA dijalani Jokowi di Solo.

Jenjang pendidikan tinggi ditempuhnya di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Dengan ilmu yang didapatkannya di Jurusan Kehutanan, Jokowi mulai membuka bisnis bidang kayu. Bahkan, bisnisnya merambah hingga ke Eropa.

Terjun ke politik

Dikutip dari Kompas.com, Jokowi mulai terjun ke ranah politik pada Pilkada 2005. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusung Jokowi maju sebagai Wali Kota Surakarta.

Ia menang dalam Pilkada Wali Kota Surakarta dan mulai melakukan berbagai pembenahan. Peremajaan Ngarsopuro dan Jalan Slamet Riyadi menjadi salah satu fokusnya.

Sektor transportasi turut dibenahi dengan mendatangkan bus Batik Solo Trans sebagai ikon Kota Solo. Pada 2010, Jokowi kembali memenangi Pilkada Surakarta.

Dari Solo ke Jakarta

Belum selesai masa kepemimpinan keduanya di Solo, Jokowi melaju ke panggung politik yang lebih besar.

Pada Pilkada DKI Jakarta 2012, Jokowi mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai wakilnya. Petahana, Fauzi Bowo, menjadi lawannya.

Salah satu terobosan Jokowi saat menjabat Gubernur DKI adalah pengadaan Kartu Jakarta Sehat dan Kartu Jakarta Pintar.

Tak lama menjabat sebagai Gubernur DKI, pada Pilpres 2014, PDI-P mendapuk Jokowi sebagai calon presiden berpasangan dengan Jusuf Kalla sebagai wakil presiden.

Pilpres 2014 dimenangi oleh Jokowi-JK. Jokowi resmi menjabat presiden pada 20 Oktober 2014. Terobosan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)menjadi andalannya.

Jokowi kembali melaju pada Pemilihan Presiden 2019, berpasangan dengan KH Ma’ruf Amin. Kontestasi ini kembali dimenanginya dengan mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi dan Ma’ruf Amin resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024, pada 20 Oktober 2019. {Tribun}