Ini Alasan Amien Rais Umumkan Partai Ummat di Tanggal 1 Oktober

Loyalis Amien Rais, Agung Mozin, mengatakan bahwa logo Partai Ummat hanya akan berupa tulisan. Menurutnya, nuansa logo Partai Ummat nantinya tidak akan dihiasi oleh warna biru seperti Partai Amanat Nasional (PAN)-parpol Amien Rais sebelumnya.

Agung berkata, logo Partai Ummat kemungkinan akan dihiasi oleh warna hitam, kuning, dan putih. “Enggak ada [warna biru]. Partai Ummat saja tulisannya Partai Ummat,” ucap Agung, Kamis (1/10).

Lebih lanjut ia menerangkan, Amien Rais memilih Partai Ummat karena nama tersebut merupakan rumusan atau perasan dari makna asas yang diusung yakni Islam rahmatan lil alamin serta semboyan melawan kezaliman dan menegakkan keadilan.

Menurutnya, umat merupakan subjek dari asas dan semboyan yang digelorakan oleh Partai Ummat. “Tentu semua itu harus ada subjeknya yaitu subjeknya umat, sehingga umat itu adalah menjadi pilihan paling tepat,” katanya.

Agung juga menerangkan alasan Amien Rais mengumumkan pembentukan Partai Ummat pada 1 Oktober.

Menurutnya, hal itu dilakukan karena Partai Ummat ingin menegaskan diri berkomitmen penuh mendukung Pancasila sebagai landasan ideologi dalam berbangsa dan bernegara,” ucap mantan politikus PAN itu.

Untuk diketahui, Amien Rais telah mengumumkan Sebelumnya, Amien Rais bahwa parpol barunya bernama Partai Ummat.

“Partai Ummat Insya Allah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman,” kata Amien Rais melalui akun Youtube-nya, Amien Rais Official, Kamis (1/10).

Ia menyatakan Partai Ummat memiliki misi untuk menegakkan keadilan dan memberantas kezaliman bagi masyarakat Indonesia. Amien menyatakan bahwa misi tersebut bergerak pada tataran makro yang berkaitan dengan masalah kekuasaan.

“Menjalankan al amru bil’adli dan an nahyu’anidzulmi, yakni menegakkan keadilan dan memberantas kezaliman,” katanya.

Merespons, Waketum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan langkah Amien Rais mengumumkan akan membentuk Partai Ummat mengartikan bahwa mantan Ketua MPR tersebut telah resmi keluar dan meninggalkan PAN.

Menurutnya, Amien Rais sudah tidak menjadi bagian dari keluarga besar PAN dan tak lagi identik dengan PAN.

“Hari ini Pak Amien Rais mengumumkan berdirinya partai politik baru, namanya Partai Ummat. Hal ini berarti secara resmi dan legal konstitusional Pak Amien Rais telah keluar dan meninggalkan PAN,” ucap Viva. {CNN}