News  

Jokowi Bakal Anugerahi Para Tokoh Ini Gelar Pahlawan Nasional, Ini Daftarnya

Presiden Joko Widodo bakal menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh di Istana Negara pada 10 November 2020. Kabar ini disampaikan Menteri Sosial (Mensos) RI Juliari Peter Batubara.

“Ada enam calon penerima gelar pahlawan nasional 2020, Insyaallah tidak ada perubahan,” kata Juliari seperti dilansir dari Antara, Jumat (6/11/2020).

Keenam calon penerima gelar pahlawan nasional tersebut yakni, Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara, lalu Machmud Singgirei Rumagesan dari Provinsi Papua Barat.

Pemberian gelar pada dua nama tersebut akan menjadi yang pertama bagi Maluku Utara dan Papua Barat karena hingga kini belum memiliki pahlawan nasional.

Selanjutnya, Jenderal Polisi Purnawirawan Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo. Ia merupakan Kapolri pertama yang berasal dari DKI Jakarta.

Kemudian, Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara juga akan menerima gelar pahlawan nasional. “Beliau juga tokoh pergerakan dan pernah menjadi Menteri Penerangan era Presiden Soekarno,” ucap Juliari.

Kelima, Mr Sutan Mohammad Amin Nasution yang berasal dari Sumatera Utara. Terakhir, sosok asal Provinsi Jambi, Raden Mattaher bin Pangeran Kusen bin Adi.

“Itu enam nama calon penerima gelar pahlawan nasional yang akan disampaikan langsu

 

ng oleh Presiden di Istana Negara pada 10 November setelah upacara ziarah nasional,” kata Juliari.

Juliari menyebut, semua tokoh yang akan diberi gelar pahlawan nasional telah melalui proses, baik di Kementerian Sosial maupun Dewan Gelar. {kompas}