Politik

Prajurit Simpatisan Habib Rizieq Diborgol, PPP: Berlebihan! Panglima TNI Harus Bijak

0

Menanggapi sikap Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto terhadap prajurit simpatisan Habib Rizieq Shihab yang videonya sempat viral di media sosial, Anggota Komisi I DPR RI, Syaifullah Tamliha meminta agar sang panglima dapat berlaku dengan bijak.

Menurutnya, tindakan Marsekal Hadi Tjahjanto dan jajarannya yang diduga memborgol oknum TNI simpatisan Habib Rizieq, terlalu berlebihan.

“Jika benar oknum TNI tersebut sampai diborgol, cara tersebut terlalu berlebihan. Rakyat adalah ibu kandung bagi TNI. Jangan sampai pula TNI dianggap menyakiti perasaan ibu kandungnya,” ujar Tamliha ketika dimintai keterangan pada Kamis, 12 November 2020.

Dalam keterangannya, Tamliha juga turut menyoroti video sejumlah TNI yang viral tersebut dan membenarkan bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan aturan. Namun, ia menekankan agar Marsekal Hadi Tjahjanto dan jajarannya dapat bersikap bijaksana terhadap oknum TNI yang ada di dalam video.

“Sudah beberapa kasus perwira dicopot dari jabatan akibat postingan di media sosial. Namun Panglima TNI dan para Kepala Staf TNI AD, AU dan AL hendaklah bijaksana terhadap anggotanya yang bersimpati kepada HRS,” ujar dia menjelaskan.

Selain itu, Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengakui adanya aturan internal TNI terkait penggunaan media sosial, yang mengatur agar anggota TNI tidak mempublikasikan pendapat pribadi yang dapat menuai perdebatan publik.

“Memang di TNI, terutama TNI Angkatan Darat, ada perintah kepada seluruh anggota TNI beserta istrinya sejak dahulu sudah dilarang melakukan posting-an pendapat pribadi pada media sosial terhadap sesuatu yang dapat menimbulkan pro dan kontra di kalangan publik,” ujar Tamliha.

Diberitakan sebelumnya, seorang anggota Yonzikon 11 Kodam Jaya, Kopda Asyari, mengunggah video yang menunjukkan dirinya tengah berteriak “Kami Bersamamu Habib Rizieq Shihab”.

Atas video tersebut, Kopda Asyari akan diberi sanksi oleh Kodam Jaya lantaran dianggap telah melanggar aturan.

Tak hanya Kopda Asyari, seorang anggota TNI AU Serka BDS juga ditahan oleh POM TNI AU, usai viralnya video yang menunjukkan ia menyanyikan lagu sambutan kedatangan Habib Rizieq Shihab.

“Sekarang sudah ditahan di POM, sedang didalami untuk kita tahu apa hukuman yang sesuai dengan yang diperbuatnya,” jelas Kadispen TNI AU, Marsma Fajar Adriyanto. {pikiranrakyat}

Sederet Kader PDIP Pembangkang Titah Megawati di Pilkada Kota Surabaya

Previous article

Blokir Unggahan Terkait Habib Rizieq Shihab, Facebook Merusak Demokrasi Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *