News  

Wow! Bisnis Kuliner Gibran Dapat Kucuran Dana Rp.28 Miliar Dari Alpha JWC Ventures

Bisnis putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, Mangkok Ku, mendapat suntikan modal senilai US$2 juta atau sekitar Rp 28,3 miliar (asumsi kurs Rp14.150 per dolar AS).

Suntikan yang berasal dari Alpha JWC Ventures itu merupakan suntikan modal eksternal pertama yang diraih Mangkok Ku.

Mengutip CNN, Senin (23/11/2020), dalam keterangannya Alpha JWC Ventures menyebutkan dana tersebut merupakan seed funding di mana investor mendapatkan sebagian kepemilikan perusahaan.

Mangkok Ku merupakan restoran dengan spesialisasi rice bowl besutan juri Masterchef Arnold Poernomo bersama pengusaha Randi Kartadinata.

Sementara, Gibran bersama adiknya Kaesang Pangarep berperan sebagai komisaris di perusahaan tersebut.

“(Pendanaan dari Alpha JWC) akan kami gunakan untuk membuka cabang baru, cloud kitchen, central kitchen dan fasilitas R&D,” kata Gibran melalui pesan singkat.

Menurutnya, Mangkok Ku dipercaya karena berhasil bertahan di tengah pandemi. Saat ini, Mangkok Ku bisa menjual 600 mangkok per hari. “Itu kalo pas sepi. Biasanya ribuan kalo enggak ada PSBB,” katanya.

Sejak berdiri pertengahan 2019 lalu Mangkok Ku sudah memiliki 22 cabang di Jabodetabek. Dengan suntikan dana tersebut, Mangkok Ku memasang target 30 cabang pada akhir 2020 dan lebih dari 75 cabang di tahun 2021.

Gibran menambahkan Mangkok Ku juga akan berinvestasi di cloud kitchen, central kitchen dan fasilitas R&D. “Harapannya ke depan semoga bisa membuka cabang di seluruh Indonesia dan membuka lapangan pekerjaan lebih banyak lagi,” kata dia. {detik}