News  

Jadi Episentrum Baru COVID-19, Ini 10 Wilayah Zona Merah di Jawa Tengah

Jawa Tengah resmi menjadi episentrum penularan virus corona (Covid-19) setelah mencatat kasus aktif tertinggi di Indonesia. Pada hari ini, Selasa (24/11/2020) Jateng mencatat kasus aktif sebanyak 11.109 orang.

Berdasarkan data dari situs covid19.go.id, Jateng yang dipimpin oleh Gubernur Ganjar Pranowo mencatat ada 10 kota/kabupaten dengan status zona merah alias risiko tinggi penularan Covid-19.

Kota tersebut adalah Sragen, Pati, Boyolali, Brebes, Kendal, Sukoharjo, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Pemalang, dan Banjarnegara.

Sementara itu, 25 kabupaten/kota lainnya di Jateng berstatus risiko sedang atau zona oranye. Kota-kota ini di antaranya Solo, Semarang, Klaten, Jepara, Salatiga dan lain-lain.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kesehatan), Jateng menambah 928 kasus baru pada hari ini sehingga totalnya menjadi 49.313 orang. Ini merupakan pertambahan kasus harian tertinggi kedua setelah DKI Jakarta.

Sementara itu, pasien sembuh di Jateng pada hari yang sama bertambah 300 orang meningkatkan akumulasi penyintas menjadi 36.051 orang. Adapun kasus kematian di Jateng bertambah 13 orang sehingga totalnya menjadi 2.153 orang.

Pertambahan kasus baru yang melampaui pasien sembuh dan kasus kematian, membuat Jateng mencetak rekor kasus aktif pada hari ini dengan 11.109 orang. Hal ini sekaligus membuat Jateng semakin memimpin jumlah kasus aktif, yang diikuti oleh Jakarta dan Jawa Barat. {cnbc}