News  

Korban PHK, Pramugari Cantik Ini Tak Gengsi Jualan Alpukat Online

Belakangan banyak mantan pramugari beralih profesi sebagai penjual makanan karena di-PHK. Seperti mantan pramugari di Filipina yang kini berjualan alpukat.

Pandemi Covid-19 berdampak buruk bagi orang-orang yang bekerja di industri penerbangan sejak awal Maret lalu. Hal ini karena penerbangan ke luar negeri banyak yang diberhentikan dan akhirnya para pilot serta awak kabin kehilangan pekerjaan mereka.

Belakangan banyak sekali pilot yang beralih profesi menjual makanan. Hal tersebut mereka lakukan untuk menyambung hidupnya saat sudah tidak bekerja sebagai pilot.

Tak terkecuali mantan pramugari dari berbagai maskapai di beberapa negara. Mereka banyak yang kehilangan pekerjaan dan beralih profesi menjual makanan atau minuman.

Salah satunya Em Enrique, mantan pramugari dari maskapai Philippine Airlines. Ia telah bekerja selama 5 tahun untuk maskapai tersebut, sebelum akhirnya pandemi Covid-19 menghentikan karirnya sebagai pramugari.

Dilansir dari Business News Philippine (1/8), mantan pramugari berparas cantik ini diketahui menjual alpukat secara online. Ia menjualnya lewat akun Facebook pribadinya.

Em Enrique mengunggah foto yang memperlihatkan dirinya sedang mengemas alpukat-alpukat itu. Ia menyampaikan lewat unggahannya, kalau alpukat itu berhasil ia jual sebanyak 80 kg. Semuanya ia jual dalam kurun waktu hanya 2 hari saja.

“Dari 100 kg sekarang 20 kg, terima kasih!” tulisnya pada unggahan Facebook miliknya (16/7). Ia merujuk pada jumlah stok alpukat yang dimilikinya.

Walaupun dihentikan dari pekerjaannya, tapi Em Enrique tak putus asa. Ia mencari cara bagaimana bisa keluar dari kesulitannya saat itu. Oleh karenanya ia menjual buah dan sayur online, salah satunya alpukat.

“Aku mengambil kesempatan ini untuk beristirahat (dari dunia penerbangan). Aku harus melakukan sesuatu untuk menjaga kesehatan mentalku. Aku harus membuat diriku sibuk,” ujarnya

Em menjual alpukat ini secara online dibantu oleh sang ibu. Ia juga yang mengantarkan alpukat-alpukat tersebut kepada pembelinya.

Em mengaku bersyukur walaupun pendapatannya dalam berjualan alpukat ini tak sebesar dengan yang ia dapatkan saat bekerja sebagai pramugari. Saat ini yang ia pikirkan hanyalah bagaimana cara mencukupi kebutuhan harian keluarganya.

Wanita cantik ini juga mendorong orang-orang yang kehilangan pekerjaan karena pandemi Covid-19. Ia berharap kalau mereka tak menyerah dan terus berusaha.

“Kita bisa mengembangkan potensi kita, kita bisa mendorong diri kita. Jadi, ambil kesempatan itu untuk mengembangkan diri,” pesan Em Enrique.

Sebelumnya, mantan pramugari senior asal Malaysia juga kehilangan pekerjaannya. Ia beralih profesi menjual nasi kukus di pinggir jalan Senawang, Malaysia.

Adalah Nur Shareen Mohd Zaini, nama mantan pramugari tersebut. Nasi kukus yang ia jual dipadukan dengan lauk ayam berempah. Satu porsinya disajikan dengan sambal dan acar. {detik}