Pengganti Klopp Jika Mundur Dari Liverpool, Bukan Gerrard Tapi Xabi Alonso

Jurgen Klopp takkan selamanya berada di Liverpool. Pelatih yang membawa Liverpool juara Liga Inggris (2019-2020) untuk pertama kalinya dalam 30 tahun terakhir itu disebut-sebut akan meninggalkan Stadion Anfield ketika kontraknya berakhir pada 30 Juni 2024.

Sejumlah nama disebut-sebut akan menjadi suksesor Jurgen Klopp di Liverpool. Mereka ialah juru taktik RB Leipzig, Julian Nagelsmann, Steven Gerrard (pelatih Glasgow Rangers dan legenda Liverpool) serta asisten Klopp saat ini, Pepijn Linders.

Namun, menurut laporan The Sun, Sabtu (26/12/2020), nama-nama di atas bukan prioritas manajemen Liverpool. Manajemen Liverpool membidik pelatih Real Sociedad B yang notabene mantan pemain mereka dalam kurun 2004-2009, Xabi Alonso.

Xabi Alonso yang kini berusia 39 tahun, disebut-sebut memiliki kecerdasan layaknya kompatriot sekaligus seniornya, Josep Guardiola. Peluang Liverpool mendapatkan Xabi Alonso cukup besar, mengacu kepada ucapannya di bawah ini.

“Saya masih fans Liverpool dan akan tetap selamanya. Pengalaman yang saya alami selama lima tahun berada di Liverpool terus berada di hati saya. Semangat serta rasa hormat yang saya miliki untuk klub dan fans masihlah sama,” kata Xabi Alonso mengutip dari The Sun, Sabtu (26/12/2020).

Kecakapan Xabi Alonso dalam mengolah formasi sebenarnya tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Sebab, sewaktu aktif sebagai pemain, sejumlah pelatih ternama pernah menangani gelandang flamboyan tersebut.

Sebut saja Rafael Benitez, Manuel Pellegrini, Jose Mourinho, Carlo Ancelotti hingga Josep Guardiola. Kesempatan bekerja dengan nama-nama di atas membuat Xabi Alonso kaya akan taktik.

Namun, usaha Liverpool mendapatkan tanda tangan Xabi Alonso takkan semudah membalikkan telapak tangan. Sebab, CEO Bayern Munich Karl-Heinz Rummenigge sudah membuka kemungkinan untuk mendapatkan tanda tangan Xabi Alonso suatu hari nanti.

“Xabi Alonso akan menjadi pelatih yang mungkin menarik bagi Bayern di masa depan,” kata Rummeningge mengomentari Xabi Alonso, pria yang pernah membela Bayern Munich dalam kurun 2014-2017.

Terlepas dari itu, Liverpool sedang menikmati masa-masa keemasan di bawah arahan Jurgen Klopp. Dalam dua musim terakhir, Klopp membawa Liverpool memenangkan gelar Liga Inggris 2019-2020, Liga Champions 2018-2019, Piala Dunia Klub dan Piala Super Eropa 2019. {okezone}