BalapMotoGP

Fakta Unik Seputar Valentino Rossi Jelang Dimulainya MotoGP 2021

0

Pada 16 Februari 2021 Valentino Rossi akan merayakan hari ulang tahunnya yang ke-42. Kondisi tersebut semakin menegaskan status Rossi sebagai pembalap yang memiliki usia tertua di Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.

Berbicara soal usia Rossi tersebut, terdapat sejumlah fakta menarik yang mungkin tidak disadari oleh banyak orang. Salah satunya adalah Rossi lebih dulu berkarier di dunia balap motor grand prix ketimbang dilahirkannya delapan pembalap yang bakal berlaga di MotoGP 2021.

Pertama kali Rossi ikut serta dalam kejuaraan dunia balap motor grand prix adalah pada 1996 di kelas 125cc, yakni ketika usianya masih 17 tahun. Kala itu The Doctor membela tim Scuderia AGV Aprilia.

Di musim tersebut Rossi meraih podium sebanyak dua kali, yang mana satu di antaranya berujung kemenangan. Meski demikian, Rossi hanya bisa menyelesaikan musim dengan menempati posisi kesembilan klasemen pembalap dengan perolehan 111 poin.

Menriknya, saat Rossi sudah mengaspal di lintasan grand prix, delapan pembalap yang bakal berlaga di MotoGP 2021 masih belum lahir. Mereka adalah Alex Marquez, Francesco Bagnaia, Luca marini, Joan Mir, Enea Bastianini,Fabio Quartararo, Jorge Martin, dan Iker Lecuona.

Maka dari itu, jika bicara soal pengalaman dan senioritas, Valentino Rossi tentunya jauh lebih unggul ketimbang para pembalap muda tersebut. Lebih menarik lagi, Rossi akan bertarung melawan Luca Marini yang sejatinya merupakan adik tirinya sendiri di MotoGP 2021.

Fakta unik lainnya, ketika Rossi meraih gelar juara dunia grand prix untuk pertama kalinya, usia Luca Marini belum genap satu bulan. Rossi mengaku masih mengingat dengan jelas momen ia menggendong Marini tak lama setelah didapuk sebagai juara dunia.

“Ketika saya memenangkan gelar Kejuaraan Dunia pertama saya pada tahun 1997, dia (Marini) lahir. Dia lahir pada 10 Agustus 1997 dan saya memenangkan Kejuaraan Dunia pada 31 Agustus,” kenang Rossi, dilansir dari Motorsport Total, Senin (4/1/2021).

“Ketika saya pulang sebagai juara dunia, saya menggendongnya. Dia berusia 21 hari. Saya sangat bangga kita akan balapan MotoGP bersama tahun depan, yang mana itu merupakan impian setiap pembalap,” lanjutnya.

Meski begitu, Rossi jelas tidak bisa memandang remeh para pembalap muda tersebut. Terlebih Joan Mir, yang merupakan juara dunia MotoGP 2020. {okezone}

Tak Hanya Hebat Main Bola, David Beckham Juga Jago Masak Untuk Victoria

Previous article

Kento Momota Positif Terpapar COVID-19, Skuad Jepang Gagal Tanding

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *