Tekno  

Cara Sembunyikan Status Online di Telegram Seperti di WhatsApp

Semenjak WhatsApp mengeluarkan kebijakan baru yang menyangkut privasi pengguna, kini aplikasi Telegram semakin populer. Pada pekan kedua Januari 2021, ada tambahan 500 juta pengguna aktif bulanan aplikasi Telegram.

Dilihat sekilas, Telegram menawarkan berbagai fitur serupa dengan WhatsApp. Aplikasi perpesanan besutan Nikolai Durov, Pavel Durov, dan Axel Neff ini juga menampilkan informasi status online pengguna. Layaknya WhatsApp, status online di Telegram juga bisa disembunyikan.

Informasi status online akan muncul ketika pengguna mengguna aplikasi Telegram, baik saat berkirim pesan maupun sekadar membaca pesan-pesan yang diterima.

Bagi kamu yang tidak ingin statusnya diketahui orang lain dengan alasan privasi, berikut cara sembunyikan status online di Telegram.

Cara sembunyikan status online di Telegram

1. Buka aplikasi Telegram pada ponsel.

2. Ketuk settings (pengaturan), ikon gambar seperti gir motor, di iOS berada di sebelah kanan bawah.

3. Cari menu Settings and Security (Pengaturan dan Keamanan).

4. Ketuk, kemudian pilih opsi Last Seen & Online (Terakhir Dilihat & Online).

5. Pada menu Who can see my timestamp (siapa yang dapat melihat stempel waktu saya), kamu bisa bebas memilih siapa saja yang bisa melihat status online.

6. Kamu bisa pilih My Contacts (Kontak Saya) apabila ingin status online hanya dilihat oleh pengguna yang telah disimpan pada kontak.

7. Sebaliknya, jika ingin menonaktifkan status online sepenuhnya, kamu bisa pilih opsi Nobody (Tak seorang pun).

8. Selamat, status online pada Telegram sudah disembunyikan.

Perbedaan Telegram dari WhatsApp

Sebagai informasi tambahan, berikut perbedaan Telegram dengan WhatsApp sebagaimana dikutip dari halaman FAQ Telegram.org.

Tidak seperti WhatsApp, Telegram adalah messenger berbasis cloud dengan sinkronisasi tanpa batas.

Hasilnya, pengguna dapat mengakses pesan dari beberapa perangkat sekaligus, termasuk tablet dan komputer, dan berbagi foto, video, dan file dalam jumlah yang tidak terbatas (dokumen, zip, mp3, dll) masing-masing hingga 2GB.

Telegram membutuhkan kurang dari 100 MB di perangkat. Anda dapat menyimpan semua media di cloud tanpa menghapus, cukup kosongkan cache untuk mengosongkan ruang.

Telegram diklaim lebih cepat dan lebih aman berkat infrastruktur dan enkripsi multi-pusat data. Selain itu, perpesanan pribadi di Telegram gratis, tanpa iklan dan tanpa biaya berlangganan.

API dan kode Telegram terbuka, dan pengembang dipersilakan untuk membuat aplikasi Telegram mereka sendiri.

Telegram juga memiliki Bot API yang memungkinkan siapa saja dengan mudah membuat alat khusus untuk Telegram, mengintegrasikan layanan apa pun.

Bahkan dapat sebagai alat menerima pembayaran dari pengguna di seluruh dunia. {tribun}