Liverpool Bakal Ulangi Era Kegelapan Puasa Gelar Selama 30 Tahun?

Legenda Manchester United, Roy Keane, melemparkan kritikan tajam terhadap performa yang ditampilkan Liverpool di Liga Inggris musim 2020-2021. Bahkan Keane tidak segan memprediksi jika Liverpool bakal mengulangi masa kelam 30 tahun tanpa gelar Liga Inggris, jika terus bermain buruk.

Sebagaimana diketahui, Liverpool sebenarnya memulai kampanye mereka di Liga Inggris 2020-2021 dengan performa luar biasa. Bahkan The Reds –julukan Liverpool– sempat memuncaki klasemen sementara Liga Inggris 2020-2021 untuk waktu yang cukup lama.

Akan tetapi segalanya berubah kala satu per satu pemain kunci yang membantu Liverpool menjuarai Liga Inggris 2019-2020 mulai dibekap cedera.

Sektor pertahanan menjadi yang paling memilukan, lantaran dua bek tengah andalan mereka, Virgil van Dijk dan Joe Gomez harus absen lama karena cedera.

Semenjak saat itu, performa Liverpool pun mulai mengalami penurunan yang signifikan. Ya, memang manajemen Liverpool akhirnya rela menggeluarkan uang untuk mendapatkan dua bek anyar jelang bursa transfer musim dingin 2021 ditutup pada diri Ozan Kabak dan Ben Davies.

Akan tetapi kedua namanya tersebut disebut-sebut tidak bakal mampu menutupi kualitas yang hilang pada skuad Liverpool sejak Van Dijk dan Gomez cedera. Alhasil, tidak ada perubahan signfikan yang terjadi dalam permainan Liverpool.

Bahkan dalam pertandingan melawan Manchester City pada akhir pekan kemarin, terlihat betul Liverpool benar-benar tampil mengecewakan. Bermain di Anfield Stadium, Liverpool justru terbantai 1-4 dari tamunya.

Performa minor yang ditunjukkan Liverpool di Liga Inggris 2020-2021 pun mendapatkan kritikan tajam dari Keane. Ya, Keane pun tak segan bahwa Liverpool bisa saja kembali melewati 30 tahun tanpa gelar Liga Inggris, andaikan terus-terusan bermain buruk seperti saat ini.

“Pada awal musim, lawan Aston Villa, mereka kebobolan tujuh, Virgil van Dijk bermain. Anda bilang ‘hanya sekali’, ‘ini musim yang aneh’, ‘ini Corona’ terus saja begitu. Tampil seperti juara,” jelas Keane, seperti disadur dari The Guardian, Senin (8/2/2021).

“Anda adalah Liverpool. Percayalah, jika Anda terus tampil seperti itu, butuh waktu 30 tahun lagi untuk menjadi juara Liga Inggris. Saya dengar banyak yang bilang bahwa wajar jika klub besar mengalami penurunan,” sambung pria berusia 49 tahun tersebut.

“Bukankah itu bagian dari permainan? Jika setiap klub punya pemain yang fit sepanjang waktu, itu akan luar biasa. Lihat saja Man City saat ini, dengan performa mereka, Anda bisa mengatakan mereka kehilangan dua pemain (Kevin De Bruyne dan Sergio Aguero) terbaiknya,” tuntasnya. {okezone}