News  

KEK Lido City Disetujui, Wamen Parekraf Angela Tanoesoedibjo Yakin Megaproyek Keluarganya Ini Bakal Tingkatkan Kunjungan Wisman

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo meyakini Kawasan Ekonomi Khusus MNC Lido City akan berkontribusi meningkatkan jumlah kunjungan turis asing ke Indonesia. MNC Lido City adalah megaproyek yang dikembangkan perusahaan keluarga Angela melalui PT MNC Land (Tbk).

“Saya yakin Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata MNC Lido City akan menjadi kebanggaan nasional dan destinasi wisata baru di Indonesia,” kata Angela dalam akun Instagram pribadinya yang telah terverifikasi saat mengunjungi acara bertajuk ‘Commencement of Construction Movieland MNC Lido City’, Senin, 15 Februari 2021.

Angela menuturkan keberadaan MNC Lido City akan mendukung percepatan pemerintah mengejar target pemulihan ekonomi, baik di level pusat maupun daerah, dengan peningkatan kunjungan wisatawan domestik dan internasional.

Selain itu, kawasan ekonomi khusus ini akan mendorong pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah sehingga keberadaannya dapat membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja lokal.

Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus sebelumnyatelah menyetujui pembentukan KEK Lido di Jawa Barat.

Dengan penetapan status KEK Pariwisata, badan usaha dan pelaku usaha di kawasan MNC Lido City akan menikmati berbagai kemudahan dan fasilitas insentif perpajakan sesuai Peraturan Menteri Keuangan nomor 237/PMK.010/2020.

Menurut rencana bisnisnya, di kawasan KEK Pariwisata MNC Lido City akan dikembangkan atraksi berupa theme park kelas dunia, lapangan golf, serta retail and dining. Selain itu, fasilitas lain seperti akomodasi six stars luxury resort, hotel berbintang, dan TOD akan dibangun di wilayah tersebut.

Belum lama ini, MNC Group juga mengumumgkan rencana pengembangan ekonomi kreatif berupa studio film dan festival musik.

Kehadiran theme park yang akan dibangun di dalam KEK Lido diprediksi mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Nuesantara dan wisatawan mancanegara hingga 63,4 juta orang hingga 2038. Angka itu serara dengan 3,17 juta wisatawan per tahun.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo atau Hary Tanoe alias ayah Angela beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa perusahaannya akan mengembangkan Movieland.

Movieland diklaim sebagai The Most Integrated and One Stop Studios. Movieland merupakan fasilitas creative hub untuk outdoor production, khusus drama atau film.

Movieland ini akan meningkatkan produksi film PT MNC Studios International Tbk (MSIN). “Sehingga kualitas produksi kita, PT MNC Studios International Tbk (MSIN), bisa seperti Hollywood,” ujar Hary Tanoe seperti dikutip akun media sosial Facebook, Sabtu, 13 Februari 2021. {tempo}