Come Backnya Kento Momota di All England Bakal Jadi Ancaman Bagi Axelsen dkk

Media di Denmark mencemaskan comeback-nya pebulutangkis Jepang, Kento Momota, bakal menjadi ancaman bagi Viktor Axelsen dan kawan-kawan.

Kento Momota yang dikabarkan akan comeback di kompetisi bulutangkis tertua dunia itu, setelah lebih dari setahun absen dari kompetisi bulutangkis internasional, akibat kecelakaan yang dialaminya dan vakumnya turnamen akibat pandemi.

Tentu saja dengan kembalinya Kento Momota ke panggung internasional terutama di kompetisi sebesar All England 2021 membuat sejumlah negara penasaran dengan performa wakil Jepang tersebut.

Khususnya di Denmark, sebuah media olahraga Sport.tv2.dk mengklaim bahwa pemain terbaik di dunia itu bakal menjadi ancaman bagi juara bertahan, Viktor Axelsen, khususnya di final.

Kekhawatiran media di Denmark itu bukan tanpa alasan. Sebelumnya, pelatih nasional di negara tersebut, Kenneth Jonassen, menyatakan bahwa Momota bakal datang dengan kekuatan baru.

“Momota datang (ke All England) dengan persiapan yang sangat baik,” ujar Jonassen.

Momota, sejak kecelakaan itu, memang hanya memainkan satu turnamen, yakni Kejuaraan Jepang pada bulan Desember 2020. Kejuaraan itu pun berhasil dia menangkan untuk ketiga kalinya secara beruntun.

Pemain berusia 26 tahun itu juga menyatakan dalam wawancara usai kemenangannya, bahwa dirinya 70 persen lega dan 30 persen senang. Selain itu dengan statusnya sebagai pemain no. 1 dunia, dia terlalu malu untuk kalah.

“Dia (Momota) telah menjadi pemain tunggal putra terbaik dalam beberapa tahun terakhir, dan dia orang yang harus dilawan,” lanjut Jonassen.

Pada turnamen All England itu sendiri, Momota bakal berada di paruh pertama. Sementara Axelsen, yang merupakan no. 2 dunia dan juara bertahan All England akan berada di paruh bawah karena dia unggulan kedua.

Keduanya berpotensi bertemu di final dan ini akan menjadi pertemuan mereka yang ke-16 sekaligus pertemuan pertama sejak final Malaysia Masters tahun lalu yang dimenangkan Momota. Momota sejauh ini memimpin 14-2 dalam pertandingan melawan Axelsen.

Momota vs Hans-Kristian Vittinghus

Sebelum berjumpa Axelsen di babak final nanti, Momota juga bakal menebar ancaman ke pemain Denmark lainnya, yakni Hans-Kristian Vitinghus yang berperingkat ke23 dunia di babak perempat final.

Media Denmark pun sangat penasaran bagaimana pertarungan dua wakil Denmar, yakni Axelsen dan Vittinghus menghadapi Momota. Bila Vittinghus berhasil menumpas Momota, maka Axelsen bakal melewati jalan yang cukup aman untuk mempertahankan gelar juara.

Menariknya, ini akan menjadi pertarungan sengit antara pebulutangkis papan atas, menyusul rival terberat lainnya dari China, Chou Tien Chen memutuskan tidak ambil bagian dari turnamen tersebut.

Selain Axelsen dan Vittinghus, Denmark juga bakal mengandalkan Rasmus Gemke (7) dan Anders Antonsen (3) di sektor ganda putra pada turnamen yang bakal berlangsung pada 17 – 21 Maret mendatang di Arena Birmingham, Birmingham, Inggris. {indosport}