Tekno  

Ditemukan Mahasiswa Muslim Taiwan, Aplikasi Wahdapp Bantu Temukan Lokasi Shalat Jamaah

Seorang mahasiswa muslim Taiwan menciptakan aplikasi Wahdapp untuk membantu muslim dunia menemukan lokasi sholat jamaah. Bagi muslim yang tinggal di negara minoritas Islam, aplikasi ini akan sangat membantu.

“Wahda dalam bahasa Arab yang berarti persatuan, kebersamaan, dan gagasan serupa. Saya berharap aplikasi ini membantu menyatukan Muslim,” ujar Cheng Ping, pembuat aplikasi tersebut.

Cheng tumbuh di keluarga Muslim dan saat ini tengah menempuh pendidikan di Universitas Bilkent di ibukota Turki. Menurut Cheng, pengguna Wahdapp juga bisa mengetahui apakah ada Muslim lain di sekitarnya. Mereka juga dapat mengirimkan undangan untuk bisa melakukan sholat bersama.

“Ini juga membantu pengguna untuk menemukan tempat ibadah terdekat untuk sholat lima waktu,” tambahnya

Aplikasi tersebut, telah tersedia di Google Play dan Apple App Store. Wahdapp juga dilengkapi dalam beberapa bahasa untuk membantu pengguna di negara non-Muslim.

“Ini secara khusus penting bagi Muslim yang tinggal di negara-negara non-Muslim karena mereka mungkin tidak dapat mendengar azan dari masjid,” ujarnya dilansir dari About Islam, Rabu (3/3).

Aplikasi tersebut bukanlah terobosan pertama bagi umat Islam di bidang ini.

Awal tahun ini, aplikasi virtual bernama ImamConnect diperkenalkan untuk memberikan pembinaan spiritual, konseling, khutbah, dan fatwa kepada umat Islam.

Aplikasi lain, FajrUp , juga secara otomatis mengatur waktu sholat Subuh dengan menggunakan GPS. Ini adalah aplikasi pintar di mana Muslim di seluruh dunia dapat terhubung. {republika}