Sambangi Gibran, Cak Imin: PKB Siap Dukung Dukung Jika Serius Maju di DKI Jakarta

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mendadak menyambangi Walikota (Walkot) Solo, Gibran Rakabuming, di rumah dinas Walkot Solo, Loji Gandrung, Rabu (24/3) siang.

Pria yang akrab disapa Cak Imin itu mengaku datang ke Solo untuk mengucapkan selamat kepada Gibran, yang telah dilantik sebagai Walkot Solo.

Tak hanya ucapan selamat, Wakil Ketua DPR itu juga mendorong Gibran bisa mengikuti jejak bapaknya, Joko Widodo, untuk bisa melebarkan karier politiknya. Salah satunya untuk maju di Pilgub DKI Jakarta.

“Saya meminta Gibran membuktikan diri untuk mampu menyukseskan Kota Solo. Jika sukses, dia (Gibran) bisa melanjutkan karier politik ke jenjang yang lebih tinggi (Pilgub DKI),” ujar Cak Imin, Rabu (24/3/2021).

Ia menegaskan, Gibran sebagai Wali Kota Solo bisa jadi ajang penilaian bagi masyarakat apakah putra sulung Jokowi itu cukup mumpuni di dunia politik. Bahkan, Cak Imin menilai Gibran bisa menjadi sosok pemimpin Indonesia masa depan.

“Sukses dulu [di] Solo, nanti bisa ke mana pun. Insyaallah. Dia (Gibran) sebagai sosok pemimpin masa depan,” kata dia.

Jika ke depannya Gibran berminat untuk lanjut ke Jakarta, ia menyatakan PKB siap memberikan dukungan penuh kepadanya.

“Mas Gibran akan membawa kemajuan di mana-mana. PKB siap berikan dukungan penuh jika benar maju Pilgub DKI,” tutur Cak Imin.

Sudah mendapat dukungan dan restu dari PKB untuk maju Pilgub DKI, apa kata Gibran? “Saya fokus di Solo. Tidak ada obrolan politik dengan beliau (Cak Imin). Hanya ngobrol ringan. Saya selesaikan PR (pekerjaan rumah) di Solo. Urusan DKI nanti aja,” tutup Gibran.