Tekno  

Achmad Zaky Kucurkan Investasi Rp.72,1 Miliar Untuk StartUp Cloud Computing

Sejak berhenti menjadi CEO Bukalapak, pengusaha Achmad Zaky mendirikan Init-6, perusahaan investasi yang fokus ke startup tahap awal. Pada bulan ketiga 2021 ini, Zaky membeberkan investasi terbarunya.

Achmad Zaky mengumumkan investasi 5 juta dolar AS (sekitar Rp72,1 miliar) lewat Init6 kepada startup penyedia solusi komputasi awan IDCloudHost, Selasa (23/3/2021).

“Mengapa? Pertama, produknya simple. Target market mereka unik, yakni: startup, UMKM, dan small medium enterprise/business (SME), cocok dengan negara berkembang seperti Indonesia,” ujarnya dalam konferensi pers digital.

Kedua, menurutnya, negara berkembang seperti Indonesia banyak memiliki bisnis skala kecil dan mikro (SME). Sementara adopsi komputasi awan masih rendah. Ia menambahkan, “Ke depannya, akan lebih masif adopsinya.”

Ketiga, manajemen timnya. Dengan kombinasi tim kuat, pasar yang bertumbuh, dan produk dengan harga kompetitif, Zaky berharap startup itu dapat menjangkau pasar-pasar yang lebih besar.

“Di saat bisnis lain turun, IDCloudHost justru meningkat penggunanya. Ini jadi indikasi yang baik agar ke depan bisnisnya lebih baik lagi,” katanya.

Init-6 sendiri terbuka untuk berinvestasi di startup berbagai bidang. Namun menurut Zaky, ada sejumlah sektor yang menarik bagi para pemodal ventura, yakni: komputasi awan, teknologi pendidikan, teknologi finansial, dan teknologi kesehatan. {WE}