Survei KedaiKOPI: Airlangga Tokoh Parpol Dengan Elektabilitas Tertinggi Capres 2024

Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menyebutkan, Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto mendapat elektabilitas tertinggi dengan angka 17,6 persen sebagai tokoh partai politik yang cocok menjadi presiden di tahun 2024.

“Selanjutnya ada elektabilitas tokoh parpol di sini Ketum Golkar Airlangga Hartarto 17,6 persen,” kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo dalam diskusi virtual, Senin (12/4/2021).

Menurut Kunto Adi, responden diberikan pertanyaan, dari tokoh partai politik berikut ini siapa yang menurut anda berpotensi terpilih menjadi presiden di 2024.

Di urutan kedua, muncul nama Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan persentase 15,6 persen, kemudian diikuti nama politisi Partai Gerindra Sandiaga Uno dengan angka 13,7 persen.

Selanjutnya, muncul nama politisi PDI-P Puan Maharani dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar dengan angka 9,6 persen.

Lalu, disusul oleh Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan angka 9,0 persen. Kemudian nama lainnya yang muncul adalah Presiden PKS Ahmad Syaikhu 8,3 persen.

Lalu, politisi Partai Golkar Jusuf Kalla 5,9 persen, Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri, dan politisi Nasdem Ahmad Syahroni 4,8 persen.

Survei ini dilakukan kepada 1.260 responden yang tersebar di 34 provinsi Indonesia pada 29 Maret hingga 4 April 2021.

Mayoritas responden berusia 25 sampai 40 tahun, serta memiliki Pendidikan tamat SLTA sederajat. Survei dilakukan dengan metode wawancara via telepon. {kompas}