Hasil Balapan MotoGP Portugal 2021, Quartararo Juara Marquez Ke-7 Rossi Apes

HASIL race MotoGP Portugal 2021 yang diselenggarakan di Sikuit Algarve, Portimao, baru saja diselenggarakan pada Minggu (18/4/2021) malam WIB.

Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, keluar sebagai pemenang MotoGP Portugal 2021. Sementara itu, hasil buruk didapatkan dua jagoan MotoGP, Marc Marquez dan Valentino Rossi.

Jalannya Balapan

Pembalap Tim Pramac Ducati, Johann Zarco, langsung menyodok ke urutan pertama, meski start dari tempat ketiga MotoGP Portugal 2021.

Di saat bersamaaan, pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, mengalami penurunan posisi dan dapat diambil alih Alex Rins (Suzuki Escstar) dan Marc Marquez (Repsol Honda) yang menempati posisi dua serta tiga.

Hanya saja, posisi tiga yang ditempati Marc Marquez tak bertahan lama. Belum genap satu lap, posisi tiga yang ditempatinya diambil alih Joan Mir (Suzuki Ecstar).

Ketika mencoba kembali membalap Joan Mir, Marc Marquez justru hampir menabrak juara dunia MotoGP 2020 tersebut. Akibatnya, Marc Marquez mengalami penurunan posisi hingga ke tangga ketujuh.

Sementara itu, Johann Zarco yang memimpin balapan sejak lap pertama, akhirnya dibalap Alex Rins di lap kelima. Hanya saja, keunggulan itu hanya bertahan sebentar karena Johann Zarco kembali memimpin race MotoGP Portugal 2021.

Memasuki lap keenam, Alex Rins dan Fabio Quartararo kompak membalap Johann Zarco untuk menempati posisi satu dan dua. Di lap yang sama, rider andalan Ducati Lenovo, Jack Miller serta Miguel Oliveira (Red Bull KTM) gagal melanjutkan balapan karena terjatuh.

Bagaimana dengan Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT)? Hingga lap ketujuh, The Doctor –julukan Valentino Rossi– menempati posisi 12.

Persaingan sengit antara Fabio Quartararo dan Alex Rins berlanjut. Namun, Fabio Quartararo sanggup menyalip Alex Rins untuk menempati posisi teratas. Kemudian, rider asal Prancis itu menjaga jarak dari sang rival.

Bagaimana dengan Marc Marquez? Perlahan-lahan, posisinya mengalami penurunan. Hingga lap ke-12 MotoGP Portugal 2021, Marc Marquez menempati posisi kesembilan.

Hingga memasuki lap ke-15 MotoGP Portugal 2021, Fabio Quartararo masih menempati posisi teratas. Ia ditempel ketat Alex Rins di posisi kedua. Kemudian, posisi tiga dan empat diisi Joan Mir dan Johann Zarco.

Di lap yang sama, juara dunia tujuh kali kelas MotoGP, Valentino Rossi, gagal melanjutkan balapan. Ini sungguh ironis, karena dari tiga race awal MotoGP 2021, Valentino Rossi hanya mendapatkan empat angka.

Nasib apes juga dialami Alex Rins. Ketika mencoba mengejar Fabio Quartararo, Alex Rins terjatuh di lap ke-19, tepatnya di tikungan kelima. Padahal, saat itu Alex Rins sedang menempati posisi dua.

Berselang satu lap, giliran Johann Zarco yang menempati posisi tiga terjatuh! Alhasil, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Joan Mir (Suzuki Ecstar) menempati posisi dua dan tiga MotoGP Portugal 2021.

Hingga akhir balapan, posisi satu ditempati Fabio Quartararo, diikuti Francesco Bagnaia dan Joan Mir di tempat kedua dan tiga. Sementara itu, Marc Marquez menempati posisi tujuh di race perdananya setelah absen sembilan bulan.

Berkat kemenangan ini, Fabio Quartararo naik ke puncak klasemen MotoGP 2021 dengan 61 angka. Ia unggul 15 angka dari Bagnaia di posisi dua.

Berikut hasil race MotoGP Portugal 2021:

1. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

2. Francesco Bagnaia ITA Ducati Team (GP21)

3. Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

4. Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)

5. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)

6. Aleix Espargaro ITA Aprilia Gresini (RS-GP)

7. Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)

8. Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)

9. Enea Bastianini ITA Avintia Ducati (GP19)

10. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

11. Maverick Vinales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)

12. Luca Marini ITA VR46 Avintia Ducati (GP19)

13. Danilo Petrucci ITA KTM Tech3 (RC16)

14. Lorenzo Savadori ITA Aprilia Gresini (RS-GP)

15. Iker Lecuona SPA KTM Tech3 (RC16)

16. Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)

Gagal Finis:

Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP21)

Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

Valentino Rossi ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)

Jack Miller AUS Ducati Team (GP21)

Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V) {okezone}