Warga Buaran Meninggal Usai Disuntik Vaksin Astrazeneca, Keluarga: Tak Ada Penyakit Bawaan

Trio Fauqi Virdaus (22) bugar dan sehat, satu minggu sebelum disuntik vaksin Covid-19. Hal ini diungkapkan kakak almarhum, Viki.

“Jangankan seminggu sebelum vaksin, dua bulan sebelumnya juga sehat walafiat,” kata Viki saat dihubungi, Senin (10/5/2021) petang.

Viki menyebut, Trio juga tidak memiliki penyakit bawaan. “Saya tegaskan tidak ada. Kalau luka fisik ada pas kecil kesiram air teh di kulit,” ujar Viki.

“Riwayat penyakit paling flu, radang tenggorokan, paling parah gejala tipus,” lanjut Viki.

Kendati demikian, Viki mengakui, Trio terkadang sering pulang malam karena pekerjaan.

“Karena dia pekerja lapangan, terkadang dia pulang malam. Oleh sebab itu, saya menanyakan, sebelum divaksin, apa tidak dicek dulu tekanan darahnya?” tanya Viki.

“Kalau alasannya kecapekan ya, atau kurang tidur ya,” imbuh dia.

Saat ini, keluarga masih menunggu pihak terkait untuk perkembangan lebih lanjut.

Viki mengatakan, meninggalnya Trio sudah dilaporkan oleh keluarga ke Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) sejak Kamis (6/5/2021).

Namun, Viki menyebut, respons Komnas KIPI masih nihil. “Kalau kami enggak telepon, mereka enggak ada. Respons mereka nihil,” kata dia.

Trio Fauqi meninggal dunia setelah satu hari disuntik vaksin Covid-19 AstraZeneca. Viki mengatakan bahwa Trio divaksinasi pada Rabu (5/5/2021) dan mengembuskan napas terakhir keesokan harinya.

“Berdasarkan keterangan dokter (vaksinnya) adalah vaksin Astra Zeneca dan disuntikkan di Gelora Bung Karno,” kata Viki.

Awalnya, pada Rabu sore, warga Buaran, Duren Sawit, Jakarta Timur itu pulang selepas kerja. “Sekitar pukul 16.00 WIB atau 16.30 WIB, adik saya pulang ke rumah, seperti biasa pulang kerja lah,” tutur Viki.

Namun, Trio mengeluhkan sesuatu. Trio menceritakan kepada keluarganya bahwa ia baru saja disuntik vaksin.

“Badannya tidak enak. Biasa lah ya meriang, demam, terus yang mengejutkan itu sakit kepala yang luar biasa. Sakit kepala yang enggak biasa dia rasakan,” lanjut Viki.

Ibu Trio sempat menawarkan obat analgesik, tetapi Trio menolak lantaran takut.

“Pagi (keesokan) harinya, dia bangun, sahur, dan minta dibuatkan teh. Dia berinteraksi dengan keluarga, bahwa kepalanya makin sakit,” kata Viki.

Trio sempat meminta adiknya untuk memijat. Namun, demamnya semakin tinggi. “Sampai dia mengalami shock. Kemudian dia langsung jatuh dan dibawa ke rumah sakit,” kata Viki.

Mengetahui bahwa Trio baru saja divaksin, pihak rumah sakit sempat menyarankan keluarga agar membawa Trio ke rumah sakit yang lebih besar. “Tetapi dengan kondisi itu tidak memungkinkan, sudah panik,” tutur Viki.

Akhirnya, ada dokter yang memeriksa denyut nadi dan mata Trio. “Ditempel alat dan dinyatakan adik saya sudah meninggal dunia. Tepatnya pukul 12.30 WIB, hari Kamis,” kata Viki.

Saat ini, pihak keluarga masih menunggu penjelasan dari pihak berwenang soal meninggalnya Trio.

Belum dipastikan efek vaksin
Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) Hindra Irawan Satari mengatakan, pihaknya belum mendapatkan cukup bukti untuk mengaitkan meninggalnya pemuda asal Jakarta dengan vaksinasi Covid-19.

“Komnas bersama Komda DKI sudah audit bersama pada Jumat yang lalu, dan internal Komnas kemarin sore menyimpulkan bahwa belum cukup bukti untuk mengaitkan KIPI ini dengan imunisasi, Oleh karena itu masih perlu dilakukan investigasi lebih lanjut,” kata Hindra dikutip dari laman resmi Kemenkes RI, Senin (10/5/2021).

Untuk diketahui, Komnas KIPI adalah lembaga kredibel dan independen yang memiliki fungsi dalam mengawasi pelaksanaan vaksinasi khusus untuk kejadian ikutan pasca imunisasi.

Hingga saat ini, berdasarkan data Komnas KIPI belum pernah ada kejadian orang yang meninggal dunia akibat vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Dalam beberapa kasus sebelumnya, meninggalnya orang yang statusnya telah divaksinasi Covid-19 adalah karena penyebab lain, bukan akibat dari vaksinasi yang diterimanya. {kompas}