Hasil Balapan MotoGP Prancis 2021: Jack Miller Juara, Rossi dan Marquez Melempem

HASIL race MotoGP Prancis 2021 yang digelar di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Minggu (16/5/2021) malam WIB, mengeluarkan Jack Miller (Ducati Lenovo) sebagai pemenang. Kemenangan ini merupakan yang beruntun dicetak Jack Miller.

Sebelumnya, rider asal Australia ini menjadi yang terbaik di MotoGP Spanyol 2021. Kemudian, menyusul di posisi dua Johann Zarco (Pramac Ducati), disusul sang pole position Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) di tempat ketiga.

Jack Miller yang start dari posisi ketiga langsung menyodok ke urutan pertama. Sementara Fabio Quartararo yang memulai balapan dari pole position, justru turun ke tangga ketiga.

Di lap pertama ini, jagoan Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, terjatuh setelah hampir terlibat insiden dengan rider Repsol Honda, Pol Espargaro.

Karena menghindari insiden dengan Franco Morbidelli, Valentino Rossi yang sempat menduduki posisi delapan harus rela turun ke tangga 13. Namun, keunggulan Jack Miller hanya bertahan satu lap.

Sebab, di awal lap kedua, Maverick Vinales yang sejak awal setia di posisi dua berhasil membalap Jack Miller demi memimpin balapan. Persaingan sengit terjadi di lap keempat.

Di tikungan kedua, Fabio Quartaro melewati Jack Miller dan Maverick Vinales untuk merebut posisi pertama. Di lap ini juga, steward mengibarkan bendera putih, tanda pembalap boleh mengganti motor.

Sekadar informasi, meski awal balapan berlangsung kering, namun perlahan-lahan cuaca di Sirkuit Bugatti, Le Mans, menjadi mendung. Kemudian, kesalahan dibuat Jack Miller di lap kelima. Akibat telat melakukan pengereman, Jack Miller melebar dan turun ke posisi lima.

Barulah di lap keenam, mayoritas pembalap mengganti motornya, termasuk pemimpin balapan Fabio Quartararo. Namun, keluar dari pit, bukan Fabio Quartararo yang memimpin balapan.

Marc Marquez memimpin balapan di lap keenam. Di lap yang sama juga, Alex Rins (Suzuki Ecstar) terjatuh, namun masih sanggup melanjutkan balapan.

Nasib apes diterima Marc Marquez. Ketika memimpin balapan, pembalap 28 tahun ini terjatuh! Meski sanggup bangkit, Marc Marquez butuh keajaiban untuk menyodok ke urutan atas.

Hal apes lainnya diterima duo Ducati Lenovo, Jack Miller dan Francesco Bagnaia, yang mana keduanya dihukum long lap penalty. Jack Miller ketahuan melanggar batas kecepatan saat masuk pit stop.

Ketika masuk pit stop kecepatan motor Jack Miller menembus 71 km/jam, sedangkan yang dizinkan adalah 60 km/jam.

Hebatnya, meski menjalani Long Lap Penalty, Jack Miller sanggup melewati Fabio Quartararo untuk memimpin balapan! Jack Miller semakin menjauh karena Fabio Quartararo gantian dihukum Long Lap Penalty karena melakukan kesalahan saat mengganti motor.

Ketika balapan berlangsung 17 dari 27 lap yang direncanakan, Jack Miller memimpin balapan dengan keunggulan 4,6 detik dari Fabio Quartararo di tempat kedua. Sementara itu, posisi ketiga diisi jagoan Pramac Ducati, Johann Zarco.

Bagaimana dengan Marc Marquez? Perjuangan Marc Marquez di MotoGP Prancis 2021 akhirnya terhenti di lap ke-18. Saat itu, Marc Marquez terjatuh untuk kedua kalinya, tepatnya di tikungan keenam.

Posisi dua yang sebelumnya ditempati Fabio Quartararo, gagal dipertahankan rider asal Prancis itu. Di lap ke-22, posisi dua milik Fabio Quartararo diambil rekan kompatriotnya, Johann Zarco.

Bagaimana dengan urutan empat, lima dan enam? Untuk posisi empat ditempati Alex Marquez (LCR Honda), disusul Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Danilo Petrucci (KTM Tech 3).

Pada akhirnya, Jack Miller menjadi pemenang. Disusul Zarco dan Quartararo di tempat kedua dan ketiga. Sementara Valentino Rossi finis di posisi 11.

Berikut hasil race MotoGP Prancis 2021:

1 Jack Miller AUS Ducati Team (GP21)

2 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP21)

3 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

4 Francesco Bagnaia ITA Ducati Team (GP21)

5 Danilo Petrucci ITA KTM Tech3 (RC16)

6 Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)

7 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

8 Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)

9 Iker Lecuona SPA KTM Tech3 (RC16)

10 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)

11 Valentino Rossi ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)

12 Luca Marini ITA VR46 Avintia Ducati (GP19)

13 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)

14 Enea Bastianini ITA Avintia Ducati (GP19)

15 Tito Rabat SPA Pramac Ducati (GP21)

16 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)

Gagal Finis

Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)

Aleix Espargaro ITA Aprilia Gresini (RS-GP)

Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)

Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

Lorenzo Savadori ITA Aprilia Gresini (RS-GP)

Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) {okezone}