Puspoll Indonesia: PDIP Partai Paling Peduli Rakyat dan Wakili Suara Anak Muda

Sebuah survei yang diadakan oleh Puspoll mengungkapkan bahwa PDIP menjadi partai yang dinilai responden sebagai partai yang paling peduli terhadap rakyat.

Tak hanya itu, menurut survei tersebut, PDIP merupakan partai yang dinilai dapat mewakili aspirasi anak muda.

Hasil survei tersebut diumumkan langsung oleh Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia Muslimin Tanja pada Minggu, 23 Mei 2021.

Muslim mengatakan PDIP menjadi partai nomor satu dalam kategori partai yang peduli pada rakyat dengan mencapai angka sebesar 19,2%.

Di urutan kedua dalam kategori partai peduli terhadap rakyat dipegang oleh Gerindra (11,8%), dan ketiga Golkar (8,2%). PDIP juga unggul dalam kategori partai paling mewakili suara anak muda dengan angka 17,1%.

Selain data-data keunggulan dari PDIP di atas, Muslim juga mengatakan bahwa PDIP dari sisi elektabilitas pun masih menjadi yang tertinggi.

“Elektabilitas partai politik ketika survei ini kami lakukan, angka yang tertinggi masih PDIP sebesar 22,3%,” kata Muslimin, dikutip dari Merdeka, Minggu 23 Mei 2021.

Sebagai informasi, survei Puspoll Indonesia dilaksanakan di 34 provinsi sejak 20 April sampai 29 April 2019.

Adapun metode pengumpulan data dari survei yakni dengan melakukan wawancara tatap muka serta menggunakan kuesioner terstruktur. Survei ini memiliki jumlah sampel mencapai sebanyak 1.600 responden.

Sampel survei tersebut dipilih secara acak dengan metode penarikan sampel acak bertingkat dan margin of error 2,45 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. {terkini}