Elkan Baggott Tolak Panggilan Timnas Indonesia, Shin Tae Yong Murka

Penolakan Elkan Baggott bergabung dengan Timnas Indonesia menjadi isu yang bikin gaduh. Sebab, sesuai rekomendasi pelatih Shin Tae-yong, bek 18 tahun itu diharapkan bisa bergabung dengan skuad ‘Garuda’ jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Namun demikian, Elkan justru menolak. Sebab, pemain Ipswich Town tersebut menyatakan bahwa lokasi pemusatan latihan, Uni Emirat Arab, adalah zona merah corona. Plus, ia mengkhawatirkan regulasi karantina saat keluar-masuk Inggris.

Ketua Umum PSSI, M. Iriawan, mengaku penolakan bergabungnya Elkan ke Timnas Indonesia membuat Shin murka. Untuk menggantikan posisi Elkan, Shin juga langsung memanggil penggantinya yakni Arif Satria dari Persebaya Surabaya.

”Klubnya yang menolak dan Elkan sudah sampaikan. Ada Whatsapp-nya Elkan dengan Pak Indra Sjafri. Bisa ditanyakan,” kata Iriawan usai rapat dengan Kemenpora di Jakarta, Senin (24/5).

”Saya terakhir keras. Saya agak kerasnya begini: Ini orang (Elkan Baggott) mau bela kita (Timnas Indonesia) atau enggak? Shin Tae-yong marah. Dulu dia minta main di Timnas, sekarang, kok, susah sekali,” tandasnya.

Elkan dipastikan tidak bakal membela Timnas Indonesia untuk laga-laga melawan Thailand pada 3 Juni, Vietnam 7 Juni, dan Uni Emirat Arab pada 11 Juni. Begitu juga dua laga uji coba melawan Afghanistan pada 25 Mei dan Oman pada 29 Mei. Sebagai gantinya, Arif Satria dipanggil. {kumparan}