Kejutan Luis Enrique, 5 Pesepakbola Top Ini Tersingkir Dari Timnas Spanyol Di Euro 2020

Timnas Spanyol sudah membeberkan daftar pemain untuk ajang Euro 2020. Pelatih Luis Enrique memberi kejutan dengan tak memasukkan satu pun pemain Real Madrid ke skuad La Furia Roja.

Dari sejumlah nama yang dipanggil, ada pemain yang berpotensi meraih debut perdananya membela Timnas Spanyol. Mereka adalah Robert Sanchez (kiper Brighton & Hove Albion) dan Aymeric Laporte (bek Man City).

Beberapa nama familiar juga tak lupa dibawa dalam daftar skuad Euro 2020. Kebanyakan adalah nama-nama senior seperti Sergio Busquets, Jordi Alba, David de Gea, dan lain sebagainya.

Namun, ada sejumlah pemain top yang akhirnya tak ikut serta ke Euro 2020, termasuk pemain yang berstatus ‘langganan’ Timnas Spanyol. Siapa saja yang dimaksud? Kami menyebutkan 5 di antaranya, silakan disimak.

1) Sergio Ramos

Sergio Ramos bukan cuma pemain ‘langganan’ Timnas Spanyol, dia juga kapten. Bek 35 tahun ini punya catatan 180 caps (terbanyak sepanjang masa) dan 23 gol untuk timnas senior, termasuk dalam skuad yang menjuarai Piala Dunia 2010 serta Euro 2008 dan 2012.

Ramos menjalani musim yang sulit, dengan cuma bermain 21 kali di lintas ajang untuk Real Madrid. Cedera membuatnya harus banyak menepi dan Enrique juga menjadikan itu sebagai pertimbangan.

“Kemarin saya mendapat kesempatan untuk mengomunikasikannya padanya. Itu sulit dan memberi saya rasa tidak enak karena dia adalah seseorang yang selalu berada di level tertinggi, tetapi saya jelas percaya bahwa itu adalah keputusan yang mencari yang terbaik,” terangnya, dikutip dari Football Espana.

“Saya merekomendasikan dia untuk menjadi egois dan pulih 100 persen untuk terus bermain untuk klubnya dan di masa depan di tim nasional,” jelasnya.

2) Sergio Canales

Sergio Canales tidak dipanggil Timnas Spanyol adalah cukup mengejutkan. Gelandang 30 tahun itu punya catatan 10 caps dan 1 gol.

Sepanjang musim 2020/21, Canales merupakan otak serangan Real Betis. Perannya begitu vital di lini tengah tim. Ia mencetak 8 gol dan 6 assist dari 31 laga Liga Spanyol serta memiliki akurasi umpan 87,4 persen.

Namun tampaknya, Enrique memiliki preferensi lain untuk kreator serangan. Ada nama Thiago Alcantara, Fabian Ruiz, hingga Koke untuk tugas itu di Timnas Spanyol kali ini.

3) Marco Asensio

Marco Asensio juga tak asing dengan pemanggilan Timnas Spanyol. Ia pernah 26 kali turun laga membela timnas senior dan sudah mencetak 1 gol.

Asensio sudah bangkit dari cedera parah. Sang winger 25 tahun memainkan 47 laga lintas ajang untuk Real Madrid musim ini dengan catatan 5 gol dan 2 assist.

Walau begitu, Enrique barangkali menilai performanya itu belum cukup oke. Ia lebih memilih Dani Olmo, Adama Traore, Ferran Torres, hingga Pablo Sarabia sebagai winger Timnas Spanyol.

4) Iago Aspas

Iago Aspas beberapa kali pernah mendapat panggilan Timnas Spanyol sejak 2016 dan jarang mengecewakan. Striker 33 tahun itu telah mengoleksi 18 caps dan mencetak 6 gol untuk timnas senior.

Musim ini, Aspas bermain cukup moncer untuk Celta Vigo. Ia mengemas 14 gol dan 13 assist dari 33 laga Liga Spanyol.

Namun sepertinya, Enrique lebih suka bomber yang lebih muda. Ada nama Gerard Moreno (29 tahun), Alvaro Morata (28 tahun), hingga Mikel Oyarzabal (24 tahun) sebagai deretan striker yang dibawanya.

5) Jesus Navas

Jesus Navas adalah pemain senior lain yang ditinggalkan Timnas Spanyol untuk Euro 2020. Pemain 35 tahun ini telah mengoleksi 46 caps dan 5 gol untuk timnas senior, termasuk dalam skuad yang menjuarai Piala Dunia 2010 serta Euro 2012.

Navas juga serba bisa. Pemain Sevilla ini bisa ditempatkan sebagai winger atau bek sayap. Musim ini, dia bermain 34 kali dan mencetak enam assist di Liga Spanyol.

Namun, apa daya? Jordi Alba, Cesar Azpilicueta, dan Jose Gaya mungkin dinilai lebih oke buat Euro 2020 nanti. {kumparan}