News  

Warga Cinere Butuh Puskesmas. Segera!

puskesmas cinere gandul

Sejumlah warga di Kelurahan Cinere, Gandul, Pangkalan Jati dan Pangkalan Jati Baru , Kecamatan Cinere merasa dianak tirikan berkaitan dengan tempat pelayanan kesehatan atau berobat selama puluhan tahun tidak memiliki Puskesmas sehingga mereka harus berobat ke Puskesmas Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Puskesmas Cilandak atau rumah sakit di Jakarta Selatan (Jaksel).

“Warga di empat kelurahan selama ini jika ingin berobat atau mendapatkan pelayanan kesehatan jika sakit harus ke klinik 24 jam yang tentunya harus mengeluarkan biaya berobat cukup mahal serta tidak terjangkau bagi warga miskin di wilayah ini,” kata Ny. Nurmeli, warga Pangkalan Jati Baru, Cinere, Selasa (13/3/2018).

Keberadaan pusat kesehatan masyarakat di Kecamatan Cinere sangat dibutuhkan dan seharusnya juga menjadi prioritas pembangunan Kota Depok di daerah perbatasan sehingga tidak terkesan masyarakat pinggiran di anak tirikan dalam hal pembangunan, ujarnya terlebih setiap tahun selalu diusulkan dalam kegiatan Musrenbang baik tingkat kelurahan maupun kecamatan.

Keluhan serupa juga disampaikan Hariyadi, warga Gandul, melalui Email ke HU Pos Kota dan Poskotanews.com, bahwa kawasan Gandul, Cinere sampai saat ini tidak ada Puskesmas sehingga masyarakat jika ingin berobat ke Jakarta Selatan yaitu Puskesmas Cilandak, ke dokter 24 jam maupun klinik.

Mereka yang ingin berobat harus menyiapkan biaya yang tidak sedikit, tuturnya yang menambahkan kalau pun harus ke Puskesmas Krukut, Limo jaraknya terlalu jauh.

“Kami berharap Pemkot Depok membangunkan fasilitas tersebut karena yang tidak semua warga Kel. Gandul, Cinere, Pangkalan Jati dan Pangkalan Jati Baru orang mampu,” ujarnya serta tidak perlu lagi berobat terlalu jauh.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan setempat Lies, mengakui bahwa untuk kawasan Kec. Cinere khususnya di empat kelurahan yaitu Kel. Gandul, Cinere, Pangkalan Jati dan Pangkalan Jati Baru sampai saat ini memang belum memiliki Puskesmas.

Usulan membangun fasilitas kesehatan memang sudah ada dan telah diajukan dalam Musrenbang untuk dianggarkan baik untuk mencarikan lahan maupun membangun, katanya kalau tidak salah memang tengah dicarikan lahan untuk membangun di wilayah perbatasan tersebut.