Laga Hungaria Vs Portugal di Budapest Boleh Dipadati 60 Ribu Suporter, Ini Alasannya

Laga Hungaria vs Portugal di Euro 2020 (Euro 2021) di Budapest dihadiri lebih dari 60.000 penonton atau kapasitas maksimal Stadion Puskas Arena. Suasana berbeda terlihat pada pertandingan Euro 2020 antara Hungaria vs Portugal di Puskas Arena, Budapest, pada Selasa (15/6) malam.

Dalam laga tersebut Stadion Puskas dipadati puluhan ribu penonton tanpa ada jarak sosial. Seluruh tiket pertandingan dilaporkan telah terjual habis.

Ini menjadi suasana yang langka terjadi di sepak bola pada masa pandemi Covid-19, di mana pada pertandingan Euro di kota lain masih dilakukan pembatasan jumlah penontonnya.

Ada beberapa hal yang membuat laga Hungaria vs Portugal ini dapat dipadati penonton di stadion.

Hungaria sendiri hingga saat ini telah mencatatkan lebih dari 800 ribu kasus Covid-19 dengan kematian hampir 30 ribu orang. Jumlah kematian itu menjadi salah satu yang tertinggi di Eropa.

Namun, Pemerintah Hungaria berupaya keras untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan program vaksinasi secara masif jelang Euro 2020. Kini, sekitar 5,3 juta dari total 9,8 juta penduduk Hungaria telah mendapatkan vaksin.

Pemerintah Hungaria juga telah memberlakukan lockdown untuk menekan penyebaran virus Covid-19 jelang Euro 2020. Hal itu dilakukan pemerintah Hungaria agar warganya bisa menikmati pesta Euro di Budapest.

Kemudian, penonton yang akan ingin menyaksikan laga Hungaria vs Portugal diwajibkan menunjukkan sertifikat vaksinasi nasional. Sementara, anak di bawah 18 tahun harus ditemani orang dewasa yang sudah divaksin.

Sedangkan untuk fan Portugal yang hadir ke Hungaria diwajibkan menunjukkan sertifikat vaksin atau dapat menunjukkan hasil tes PCR yang dilakukan 72 jam sebelum kick-off. {CNN}