Titiek Soeharto Jadi Wakil Ketua MPR, Balas Jasa Airlangga?

Titiek Soeharto

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Bidang Media dan Penggalangan Opini Partai Golkar, TB Ace Hasan Syadzily menyatakan, salah satu hasil rapat pleno DPP Partai Golkar malam tadi adalah menyetujui pergantian Wakil Ketua MPR dari Mahyudin kepada Siti Hediati Hariyadi, alias Titiek Soeharto.

“Tadi sudah disetujui, sudah disahkan bahwa akan mengganti Wakil Ketua MPR kepada Mbak Titiek,” kata TB Ace di kantor Partai Golkar, usai menghadiri rapat pleno Partai Golkar, Minggu malam, 18 Maret 2018.

Menurut Ace, pergantian tersebut adalah hal yang lumrah dilakukan oleh partainya. Terlebih lagi, pergantian karena adanya aspirasi dari bawah yang menginginkan salah satu kader perempuan Partai Golkar menjadi salah satu unsur pimpinan di DPR/MPR.

“Semuanya menyetujui tadi,” ujarnya.

Ia pun menepis anggapan bahwa pergantian Titiek Soeharto itu sebagai bentuk balas jasa Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto kepada putri keempat pendiri partai berlambang Pohon Beringin, Soeharto, tersebut.

“Tidak ada itu balas jasa-balas jasa. Ini hanya pergantian biasa-biasa saja di dalam Partai Golkar, di samping memang ada inspirasi pimpinan MPR mesti ada perempuan juga,” tegasnya.

Ia menambahkan, terkait dengan pergantian tersebut, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sudah berkomunikasi secara langsung dengan Mahyudin. Ia pun berharap, Mahyudin dapat memahami kebijakan Airlangga tersebut.

“Ketua umum sudah berbicara dengan Pak Mahyudin, seharusnya Pak Mahyudin bisa memahami apa yang menjadi alasan partai meminta kepada beliau untuk mendapatkan penugasan-penugasan yang lain. Posisi apa nanti Pak Mahyudin, saya belum tahu, karena itu nantinya adalah kewenangan ketua umum sendiri,” katanya.