Ketum Demokrat AHY Dituding Jadi Bandar Demo Sidang Putusan Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab bakal mendekam di dalam penjara selama masa Pemilu dan Pilpres secara serentak Februari 2024.

Dalam sidang vonis Habib Rizieq, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur memvonis Rizieq Shihab empat tahun penjara soal kasus pemalsuan hasil swab di RS Ummi Bogor.

Sehingga, apakah Habib Rizieq tetap akan menjadi kekuatan politik dalam Pilpres 2024 mendatang?

Apalagi saat ini, organisasi bentukannya, Front Pembela Islam (FPI) sudah dibubarkan pemerintah. Saat sidang vonis Rizieq Shihab, ratusan simpatisan ikut melakukan demonstrasi.

Kepolisian pun mencegah ratusan simpatisan Rizieq Shihab tertahan di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Lantaran sidang dengan agenda vonis, ratusan simpatisan Rizieq Shihab mencoba untuk hadir dan mendatangi PN Jakarta Timur.

Pantauan TribunJakarta.com, massa simpatisan terus berdatangan ke lokasi ini. Adapun aksi bentrok yang sebelumnya sempat terjadi lantaran massa masih terus memaksa untuk menerobos barikade polisi.

Gas air mata juga sempat ditembakkan ke arah massa dan akibatnya lalu lintas dari Pondok Kopi ke Cakung maupun sebaliknya tak dapat dilintasi.

Di tengah aksi massa itu, muncul beberapa twit yang menyinggung peran ketua umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dalam demo Habib Rizieq Shihab.

“AHY BANDAR DEMO RIZIEQ, GA HERAN SIH. BUAH JATUH NGGAK JAUH DARI POHONNYA.” Kata-kata yang tertulis dalam foto.

Dalam foto itu tersemat foto AHY dengan memakai logo baju Partai Demokrat. Tak hanya foto, ada juga screenshoot media online menuliskan adanya pergerakan massa ke PN Jakarta Timur.

Sampai saat ini, Agus Harimurti Yudhoyono belum memberikan klarifikasi atas foto-foto yang beredar diduga mendukung aksi demo Rizieq Shihab.

Polisi Tutup Jalan

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan penutupan jalan menuju Pengadilan Negeri Jakarta Timur akan bersifat situasional.

Apabila kondisi semakin kondusif maka pembukaan jalan akan kembali dibuka secara bertahap.

“Ya update terakhir situasi aman kondusif tidak ada pengumpulan massa. Lalu lintas lancar yang menuju Bekasi, tetapi menuju ke PN Jakarta Timur masih ditutup. Kita lihat situasional sifatnya,” katanya di lokasi, Kamis (24/6/2021).

Penutupan ruas jalan ini juga dilakukan guna mengantisipasi kerumunan atau penumpukan orang di sekitaran Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Mengingat saat ini lonjakan covid di DKI Jakarta tengah terjadi.

“Dengan pertimbangan untuk mengantisipasi jangan sampai ada kerumunan di sekitar PN Jakarta Timur, karena sidang sendiri masih berlangsung. Tentu ini kami harapkan dapat kita jaga sampai nanti sidang selesai,” tandasnya. {tribun}