News  

Asosiasi Humas Perguruan Tinggi Dideklarasikan

Pertemuan Nasional dan Deklarasi Humas Perguruan Tinggi digelar secara virtual Senin, (21/6/2021). Dalam kegiatan yang dihadiri 24 praktisi humas perguruan tinggi tersebut melahirkan Asosiasi Humas Perguruan Tinggi.

‘’Semoga melalui asosiasi ini harapan kualitas, jejaring, dan kesejahteraan humas bisa diperjuangkan dan diwujudkan,’’ kata inisiator Asosiasi Humas Perguruan Tinggi, Dr Ahmad Zakiyuddin, SIP, MIKom, dalam rilisnya kepada RadarAktual, Selasa (22/6/2021).

Menurut Zakiyuddin, latar belakang dibentuknya asosiasi ini dilandasi keprihatinan atas kondisi kehumasan Perguruan Tinggi yang belum optimal. Karena itu, jejaring humas perlu ditingkatkan sehingga bisa mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan pemerintah .

“Saya menyampaikan terima kasih kepada teman teman Humas Perguruan Tinggi yang telah hadir untuk merumuskan pembentukan Assosiasi ini,” kata dia.

Humas Kemendikbudristek, Seno Hartono, menyambut baik terbentuknya Assosiasi Humas Perguruan Tinggi. Ia berharap asosiasi ini dapat menyatukan tujuan bersama pendidikan, yakni mencerdaskan anak bangsa.

“Humas harus memberikan dampak positif dan mencerahkan, bangun semangat optimisme masyarakat dalam menyongsong masyarakat Indonesia yang cerdas dan berkarakter,” kata Seno.

Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Pusat, Dr Ir H M Budi Djatmiko, mengapresiasi lahirnya asosiasi ini.’’ Saya apresiasi dengan berdirinya Assosiasi Humas Perguruan Tinggi. Saya berharap peran humas lebih optimal memberikan manfaat bagi bangsa dan negara. Insya Allah saya akan sosialisasikan kepada teman teman APTISI, “ujar dia.

Suhirman Adita, Ketua Forum Humas Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang berada di bawah Kementerian Agama sangat apresiatif terbentuknya Assosiasi Humas Perguruan Tinggi.

“Semoga mampu menjadi wadah berhimpun yang melahirkan banyak kreasi untuk memajukan kehumasan di Perguruan Tinggi. Jadikan humas yang terdepan dalam setiap waktu dan keadaan, Humas is The Best,” tutur dia.

Direktur Humas dan Protokoler Universitas Komputer Indonesia, Dr Desayu Eka Surya, MSi,CICS menyimpan harapan besar atas lahirnya asosiasi ini. Ia menilai keberadaan asosiasi ini akan lebih diakui sehingga bisa melangkah lebih pasti untuk sama-sama berjuang dengan sivitas akademika lainnya.