News  

Menkes Tuding Rumah Sakit Lebih Suka Rawat Pasien COVID-19 Bergejala Ringan Ketimbang Berat

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, ada kecenderungan rumah sakit lebih suka menangani pasien Covid-19 bergejala ringan ketimbang berat.

Alasannya, perawatan pasien bergejala ringan lebih cepat tuntas dan bayaran yang diterima pun sama besarnya dengan pasien bergejala berat.

“Ada sedikit reluctancy (keengganan) dari rumah sakit karena rumah sakit sukanya melayani yang (bergejala) ringan karena kalau ringan dia lebih cepat dan bayarannya sama dengan yang berat,” kata Budi dalam rapat dengan Komisi IX DPR, Selasa (13/7/2021).

Budi mengatakan, pemerintah akan memperbaiki hal tersebut supaya rumah sakit bersedia menerima pasien bergejala berat.

“Sekarang sedang kita atur standar pelayannanya supaya rumah sakit-rumah sakit mau mengeluarkan yang ringan, mereka memegang yang sedang dan berat,” ujar Budi.

Ia menuturkan, pasien-pasien bergejala ringan nantinya akan diarahkan untuk menjalani perawatan di rumah sakit darurat seperti di Wisma Atlet Kemayoran, Rumah Susun Nagrak, dan Rumah Susun Pasar Rumput.

Sementara, pasien-pasien tanpa gejala yang selama ini menghuni rumah sakit darurat diharapkan dapat menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Mudah-mudahan dengann kondisi itu (rumah sakit) bisa lebih banyak melayani dan merawat orang-rang yang sekarang banyak yang sebenernya kasusnya sedang dan berat tapi ada di isoman karena tidak bisa masuk rumah sakit,” kata Budi. {kompas}