News  

Diisukan Lumpuh Total Dampak Covid-19, Gibran Rakabuming Angkat Bicara

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka angkat bicara soal kabar yang menyebut dirinya lumpuh total usai terpapar Covid-19.

Sebelumnya beredar video terkait kondisi Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka yang disebut-sebut lumpuh total karena virus COVID-19 menggerogoti tubuhnya. Video yang diunggah oleh kanal YouTube Suara Politik, pada 16 Juli 2021 berjudul:

“BERITA TERBARU HARI INI~ISTANA BANJIR TANGIS,VIRUS MENGGROGOTI TUBUNYA HINGGA BEGINI~VIRAL NEWS JKW”.

Terdapat narasi di depan video (thumbnail) bertuliskan; “LUMPUH TOTAL!!! KABAR DUKA ISTANA KONDISI GIBRAN SEMAKIN MEMPRIHATINKAN BANJIR TANGIS”.

Penelusuran di merdeka.com lalu menonton secara menyeluruh video berdurasi 9 menit 12 detik itu. Narasi dalam video tersebut hanya menjelaskan kondisi Walikota Solo Gibran menyatakan diri terpapar COVID-19 pada Rabu (14/7) dalam sebuah konferensi pers virtual.

Kendati sempat terpapar virus mematikan tersebut, namun Gibran tetap aktif bertugas sebagai Walikota Solo. Bahkan, Gibran ketika terkena COVID-19 tetap menghadiri rapat dengan para perangkat daerah lewat virtual Zoom.

Sementara itu, dalam artikel merdeka.com berjudul “Gibran Sudah Negatif Covid-19 Sejak 2 Hari Lalu” yang dimuat pada Rabu (21/7) Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka membagikan kabar gembira untuk masyarakat dan keluarga. Putra sulung Presiden Jokowi itu mengaku sudah negatif COVID-19 dan saat ini tinggal pemulihan.

“Saya sudah negatif dari 2 hari yang lalu (Senin, 19/7), ini tinggal masa pemulihan. Saya sudah tes Swab PCR dan ya hasilnya sudah keluar dan saya sudah negatif sejak Senin,” ujarnya, Rabu (21/7/2021).

Kesimpulan
Informasi Walikota Solo Gibran dalam keadaan lumpuh akibat virus COVID-19 adalah tidak benar. Faktanya, Saat ini Gibran mengaku sudah negatif COVID-19 dan tinggal pemulihan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan terlebih dulu. Pastikan berasal dari sumber terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.