News

20 Tahun Pemakzulan Gus Dur, Adhie Massardi: Nasib Amien Rais Ibarat Kebo Ijo di Kisah Ken Arok

0

Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sejatinya tidak memiliki masalah pribadi dengan Amien Rais. Keduanya adalah pemimpin dua ormas Muslim terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Kebetulan dalam episode krisis politik dua dekade silam, Amien Rais menduduki posisi Ketua MPR RI yang memimpin rapat pemakzulan Gus Dur persis pada 23 Juli 2001.

Jurubicara Gus Dur, Adhie Massardi yang berbicara dalam talk show “20 Tahun Pemakzulan Gus Dur, Siapa Sang Dalang?” yang disiarkan langsung di akun YouTube Refly Harun, Kamis malam (22/7), memastikan hal itu, bahwa Gus Dur dan Amien Rais tidak punya persoalan personal.

“Situasi politik memang mengharuskan seperti itu,” ujar Adhie Massardi yang bersama Refly Harun menjadi penggagas talks show itu.

Pemakzulan Gus Dur juga diyakini Adhie bukan karena penerbitan Dekrit atau Maklumat Presiden pada dinihari 23 Juli 2001.
Melainkan, sambungnya, ada pertarungan politik antara Presiden Gus Dur dan Wakil Presiden Megawati Soekarnoputri.

Untuk menggambarkan krisis politik pada masa-masa itu, Adhie Massardi menggunakan kisah pembunuhan akuwu Tumapel Tunggul Ametung oleh pengawalnya Ken Arok. Kisah ini terjadi di era Raja Kertajaya yang berkuasa di Kediri pada kurun 1185-1222.

Dalam kisah itu, Ken Arok membunuh Tunggul Ametung dengan sebilah keris yang dibuat oleh Mpu Gandring. Sebelum pembunuhan itu, Ken Arok memperlihatkan keris itu kepada sahabatnya sesama pengawal, Kebo Ijo.

Kebo Ijo inilah yang memamerkan keris buatan Mpu Gandring ke mana-mana sehingga kebanyakan orang mengira keris itu adalah milik Kebo Ijo.

Di akhir cerita, Ken Arok membunuh Tunggul Ametung dengan keris buatan Mpu Gandring. Adapun Kebo Ijo menjadi pihak yang dituduh melakukan pembunuhan itu.

Posisi Amien Rais di masa krisis politik 2001, sebut Adhie Massardi, seperti Kebi Ijo.

Amien Rais dituduh sebagai pihak yang paling berkepentingan di balik kejatuhan Gus Dur karena dia yang awalnya mendukung Gus Dur belakangan kerap mengkritik Gus Dur. Dan fakta politik memperlihatkan Amien Rais adalah pemegang palu MPR RI.

“Kira-kira Pak Amien seperti Kebo Ijo itulah nasibnya,” demikian Adhie menutup. {RMOL}

Bisnis Kuliner Babak Belur, Ini 3 Fakta Ribuan Restoran Bangkrut Ratusan Ribu Kena PHK

Previous article

Duh! Lampaui India, WHO Sebut Indonesia Jadi Pusat COVID-19 di Asia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *