Pebulutangkis Ganda Campuran China Wang Yilyu/Huang Dongping Rebut Emas Olimpiade Tokyo 2020

Wang Yilyu/Huang Dongping merebut emas bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 nomor ganda campuran. Di partai puncak, Wang Yilyu/Huang Dongping mengalahkan rekan senegaranya yang menduduki peringkat satu dunia, Zheng Siwei/Huang Yaqiong dengan skor 21-17, 17-21 dan 21-19.

Dengan demikian, ganda campuran China berhasil menyabet dua medali sekaligus. Atas kemenangannya, Wang/Huang berhasil menyabet medali emas dan kekalahan Zheng/Huang menyabet medali perak.

Pada set pertama, Wang/Huang tancap gas lebih dulu. Pada 6 poin pertama, Wang/Huang berhasil unggul hingga selisih 5 poin.

Namun, poin demi poin, Zheng/Huang terus menyusul sebelum mengakhiri interval pertama. Namun, Wang/Huang tetap unggul hingga interval dengan skor 11-7.

Kejar kejaran poin berlanjut setelah interval. Wang/Huang lebih bermain dominan lantaran sering mengungguli poin.

Terus mengejar poin, Zheng/Huang akhirnya menyusul dengan skor 17-17. Kendati demikian, itu poin terakhir yang mereka dapat. Wang/Huang kembali tancap gas dan mengakiri set pertama dengan skor 21-17.

Kalah di set pertama, Zheng/Huangtak mau tinggal diam. Kini mereka yang berbalik menekan dan sering unggul jumlah poin. Sempat keja-kejaran poin, Zheng/Huang akhirnya menutup interval kedua dengan skor 11-8.

Poin sengit berlanjut setelah interval. Kendati demikian, Zheng/Huang berhasil memaksa rekan senegaranya itu bermain hingga rubber game, dengan memenangi set kedua dengan skor 21-17.

Lanjut ke babak rubber game, kedua pasangan tetap menunjukkan laga yang sengit. Kejar-kejaran poin juga kembali terlihat hingga interval ketiga, hingga akhirnya Zheng/Huang unggul interval dengan skor 11-10.

Hingga Match Point, pertandingan sengit terus diperlihatkan kedua ganda campuran China tersebut. Sempat memaksa hingga rubber game, Wang/Huang akhirnya mengakhiri drama dalam babak final ganda campuran Olimpiade bertajuk derbi China di set ketiga dengan kemenangan 21-19 atas Zheng/Huang.

China pelan-pelan Kembali menunjukkan supremasi mereka di perbulutangkisan dunia. Sebab, China menjadi satu-satunya negara yang masih memiliki wakil di lima nomor bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020. {okezone}