Pertama Kali Balapan Le Mans 24 Hours, Sean Gelael Sukses Naik Podium di Kelas LMP2

Pembalap asal Indonesia, Sean Gelael bersama timnya berhasil menorehkan catatan manis di ajang balapan ketahanan FIA World Endurance Championship 24 Hours of Le Mans 2021, yang berakhir Minggu (22/8/2021) malam WIB.

Tampil di kelas LMP2, Gelael dan kawan-kawannya sukses menempati podium kedua. Balapan Le Mans 24 Hours adalah pengalaman pertama untuk Gelael.

Namun, di debutnya itu ia langsung sukses mengantarkan timnya, yakni Jota untuk finis di podium kedua pada kelas LMP2 tersebut bersama rekannya, yakni Tom Blomqvist dan Stoffel Vandoome.

Balapan Le Mans yang berlangsung satu hari penuh itu, yang mana sudah dimulai sejak Sabtu 21 Agustus 2021 di Sirkuit De La Sarthe tersebut, sejatinya merupakan race yang sangat sulit untuk Gelael dan kawan-kawan.

Namun, di jam-jam terakhir Gelael yang berstatus pembalap kedua di tim Jota tersebut sanggup memberikan penampilan yang apik.

Pada sesi malam hari, Jota berhasil mengejar ketertinggalannya dari sang pemenang kelas LMP2, yakni Tim WRT yang diwakili oleh Robin Frijns, Charles Milesi dan Ferdinand Habsburg. Bahkan Jota hanya beda sepersekian detik dengan Tim WRT usai kedua tim sama-sama menyelesaikan 363 putaran.

Drama bisa dikatakan benar-benar terjadi karena Jota sebenarnya hampir saja merusak hari indah Tim WRT.

Sebab Gelael dan kawan-kawan sempat memimpin di jam malam sebelum pada akhirnya mengalami penurunan posisi ke peringkat kelima karena mendapatkan penalti setelah melompati antrian safety car dan melewati garis putih saat memasuki pit.

Untungnya trio pembalap Jota sanggup bangkit dan pada akhirnya menguasai posisi kedua di kelas LMP2 balapan Le Mans 24 Hours tersebut. Bila dilihat dari secara keseluruhan, Gelael bersama Tim Jota sejatinya berada di urutan ketujuh.

Tim Toyota Gazoo Racing yang diwakili oleh Mike Conway, Kamui Kobayasahi, Jose Maria-Lopez sukses memenangi balapan Le Mans 24 Hours di kelas hypercar dengan total membukukan 371 lap. Tim Toyota Gazoo Racing lantas menjadi yang terbaik dalam balapan ketahanan di 2021 ini.

Sementara itu, pembalap Indonesia lainnya, yakni Andrew Haryanto harus puas finis di posisi ketujuh pada kelas GTE Am Le Mans 24 Hours dengan mengendarai mobil Absolute Racing.

Berikut Hasil 10 Besar Balapan Le Mans 24 Hours:

1 Toyota Gazoo Racing, Mike Conway-Kamui Kobayashi-Jose Maria Lopez, Toyota TS050 Hybrid JAP, Hypercar H, 371

2 Toyota Gazoo Racing Sebastien Buemi Brendon Hartley Kazuki Nakajima Toyota TS050 Hybrid JAP Hypercar H 369

3 Alpine Elf Matmut Nicolas Lapierre Andre Negrao Matthieu Vaxiviere Alpine A480-Gibson FRA Hypercar 367

4 Glickenhaus Racing Pipo Derani Franck Mailleux Olivier Pla Glickenhaus 007 LMH USA Hypercar 367

5 Glickenhaus Racing Ryan Briscoe Romain Dumas Richard Westbrook Glickenhaus 007 LMH USA Hypercar 364

6 Team WRT Robin Frijns Ferdinand von Habsburg Charles Milesi Oreca 07 Gibson BEL LMP2 363

7 Jota Tom Blomqvist-Sean Gelael-Stoffel Vandoorne. Oreca 07 Gibson. GBR, LMP2, 363 Lap

8 Panis Racing James Allen Julien Canal Will Stevens Oreca 07 Gibson FRA LMP2 362

9 United Autosports Paul Di Resta Alex Lynn Wayne Boyd Oreca 07 Gibson GBR LMP2 361

10 Inter Europol Competition Alex Brundle Jakub Smiechowski Renger van der Zande Oreca 07 Gibson POL LMP2 360 {okezone}