Bioskop Pertama Arab Saudi Bakal Dibuka 18 April 2018

Bioskop Arab Saudi

Pemerintah Arab Saudi akan secara resmi membuka bioskop setelah 35 tahun silam ditutup. Pembukaan bioskop perdana akan dilakukan di Riyadh tanggal 18 April mendatang, dengan memutar film superhero Black Panther.

Tak seperti peraturan yang lajim diterapkan di Arab Saudi, gedung bioskop tersebut nantinya tidak akan memberlakukan pemisahan antara penonton pria dan wanita. Rencananya, pemerintah Arab Saudi akan membangun 40 gedung bioskop selama kurun waktu 5 tahun ke depan.

Sebelumnya pada 11 Desember 2017, Arab Saudi menyatakan mengizinkan kembali beroperasinya bioskop, setelah selama 35 tahun dilarang di kerajaan konservatif tersebut. Bioskop kembali dibuka untuk meningkatkan pendapatan kerajaan.

“Ini menandai momen penting dalam perkembangan ekonomi budaya di kerajaan. Dibukanya sebuah bioskop ini ditunjukkan untuk pertumbuhan ekonomi sekaligus keanekaragaman. Dengan mengembangkan sektor budaya yang lebih luas, kami akan menciptakan peluang kerja dan pelatihan baru, serta memperbanyak pilihan jenis hiburan di kerajaan,” ujar Menteri Kebudayaan, Awwad Alawwad, seperti dilansir The Guardian.

Pemerintah Arab Saudi telah mencapai kesepakatan dengan pihak AMC Entertainment Holdings yang merupakan perusahaan industri yang menangani perfilman, bioskop, teater yang berasal dari Amerika.

Seperti diketahui, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman saat ini tengah berada di Amerika Serikat untuk melakukan berbagai agenda guna memperluas ekonomi agar tidak selalu bergantung pada sumber daya minyak bumi.

Selain itu, masyarakat Arab Saudi merupakan konsumen setia terhadap media dan budaya barat. Meskipun ada larangan bioskop di dalam negaranya, tetapi mereka tetap mendiskusikan film-film Hollywood dan serial televisi yang baru tayang.

Bioskop pertama AMC akan berlokasi di daerah King Abdullah Financial District yang pada mulanya gedung tersebut dimaksudkan sebagai gedung konser simfoni.

“Kami pikir, bioskop nantinya yang terletak di King Abdullah Financial District akan menjadi bioskop paling menarik, indah di dunia, dan gedung tersebut juga akan menjadi gedung dramatis,” ujar Aron sebagai ketua pelaksana AMC.

Aaron juga berharap film-film yang ditayangkan seperti di Dubai atau Kuwait akan cocok juga ditayangkan di Arab Saudi. Sebab, pihak Hollywood juga telah mengenal dan peka terhadap Timur Tengah dan telah menyesuaikan produk film yang sesuai.