Baleg DPR RI Kunker ke Brasil dan Ekuador Saat Pandemi, Sufmi Dasco Ahmad: Saya Tak Tahu Apa Urgensinya

Badan Legislasi (Baleg) akan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Brasil dan Ekuadro. Kunjungan berkaitan penyusunan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS).

Pimpinan DPR RI mengizinkan kunker tersebut meski saat ini pandemi masih melanda banyak negara. Tetapi, ada catatan yang dipesankan pada anggota Baleg.

“Kita kemarin sudah membuka bahwa dengan keadaan pandemi yang sekarang ini kita membolehkan untuk keperluan-keperluan yang sangat prioritas dan tentunya dengan catatan daerah menerima,” kata Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (1/10).

Namun demikian, katanya, keberangkatan itu akan dilihat kembali apakah memungkinkan dalam keadaan pandemi saat ini. Serta melihat apakah kedua negara tersebut menerima kunjungan tersebut atau tidak.

“Iya nanti kita lihat apakah kemudian situasi sudah memungkinan dan juga apakah daerah yang dituju menerima,” bebernya.

Dia belum bisa menjelaskan secara rinci urgensi pembahasan RUU tersebut pada dua negara. Dia minta ditanyakan ke Wakil Ketua DPR Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Koorpolkam), Lodewijk F Paulus.

“Nah nanti kalau itu kebetulan Baleg di bawah bidang korpolkam tentunya bisa ditanyakan ke koordinator bidang polhukam apakah urgensi untuk baleg pergi ke sana. Urgensinya apa saya tidak tahu,” pungkasnya.