Harta Hampir 24 Miliar, Khofifah Cagub Jatim Terkaya

Cagub Jatim Khofifah

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito menyampaikan bahwa calon gubernur Jatim nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa menjadi cagub terkaya yang berkontestasi pada Pilgub Jatim 2018.

Hal tersebut terungkap setelah KPU Jatim memlarasibacakan laporan di acara Deklarasi LHKPN calon kepala daerah se-Jawa Timur yang diselenggarakan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (12/4/2018).

Menurut Eko, total harta kekayaan Khofifah yang dilaporkan hampir mencapai Rp 24 miliar. “Total kekayaan Khififah Indar Parawansa yang dilaporkan sebesar Rp23.552.699.762,” ujarnya.

Pemilik harta kekayaan tertinggi kedua, lanjut Eko, adalah calon gubernur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Harta kekayaan Gus Ipul menembus angka Rp17.598.885.769.

 

Sementara harta kekayaan calon wakil gubernur Jawa Timur sesuai LHKPN berada di bawah para kandidat cagub Jatim. Kekayaan cawagub Jatim nomor urut satu, Emil Elestianto Dardak kekayaannya berda di angka Rp8.254.061.908.

Sementara, kekayaan calon wakil gubernur nomor urut dua, Puti Guntur Soekarno menjadi yang paling sedikit di antara calon kepala daerah lainnya yang berkompetisi pada Pilgub Jatim 2018. Harta kekayaan Puti sesuai LHKPN hanya Rp1.865.423.077.

Pada acara yang sama juga digelar pembekalan antikorupsi bagi calon kepala daerah se-Jatim. Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dalam sambutannya mengungkapkan, acara tersebut digelar demi terlahirnya kepala daerah yang anti korupsi dan berintegritas.

“Ini harusnya dilakukan oleh kita semuanya, termasuk polisi dan jaksa. Perlu dijelaskan ke masyarakat jangan mau menerima sesuatu dari para calon kepala daerah untuk memilih mereka,” tutur Basaria.