Tekno  

Per 1 November 2021, WhatsApp Bakal Hilang Selamanya

WhatsApp tidak akan lagi bisa digunakan di beberapa ponsel pintar atau smartphone iOS maupun Android per 1 November 2021. Aplikasi pesan instan milik Facebook itu secara resmi telah menghentikan dukungan untuk perangkat yang menjalankan Android 4.0.2 dan iOS 8.

Aplikasi milik Facebook itu akan menghentikan dukungan untuk perangkat yang menjalankan sistem operasi (OS) Android 4.0.3 dan iOS 8 ke bawah. WhatsApp hanya akan fokus memperbarui dan menambah fitur pada generasi smartphone terbaru untuk mengoptimalkan layanan yang diberikan.

Pada bagian FAQ-nya, WhatsApp merekomendasikan untuk menggunakan ponsel Android yang menjalankan OS 4.0.3 atau iPhone yang menjalankan iOS 9 ke atas.

Jadi, sebagian besar smartphone di pasaran menjalankan versi terbaru dari sistem operasi saat ini, Android dan iOS, pengguna sebetulnya tidak perlu khawatir.

Namun, jika masih tetap menggunakan ponsel lama, maka artinya kamu perlu mengganti model ponsel baru. Seperti dikutip VIVA Tekno dari laman Gizmochina, berikut daftar ponsel yang pasti diblokir WhatsApp 3 minggu lagi:

Apple iPhone 4 ke bawah. Lalu, Samsung Galaxy Trend Lite, Galaxy Trend II, Galaxy SII, Galaxy S3 Mini, Galaxy Xcover 2, Galaxy Core, dan Galaxy Ace 2. Kemudian, LG Lucid 2, Optimus F7, Optimus F5, Optimus L3 II Dual, Optimus F5, Optimus L5, Optimus L5 II, Optimus L5 Dual, serta Optimus L3 II.

Selanjutnya, LG Optimus L7, Optimus L7 II Dual, Optimus L7 II, Optimus F6 Enact, Optimus L4 II Dual, Optimus F3, Optimus L4 II, Optimus L2 II, Optimus Nitro HD and 4X HD, dan Optimus F3Q. Menyusul ZTE Grand S Flex, ZTE V956, Grand X Quad V987, Grand Memo, dan Motorola Droid Razr.

Bukan itu saja. WhatsApp juga akan hilang selamanya dari Huawei Ascend G740, Ascend Mate, Ascend D Quad XL, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S, dan Ascend D2, Sony Xperia Miro, Sony Xperia Neo L, dan Xperia Arc S.

Merek lainnya ialah Alcatel One Touch Evo 7, Archos 53 Platinum, HTC Desire 500, Caterpillar Cat B15, Wiko Cink Five, Wiko Darknight, Lenovo A820, UMi X2, Faea F1 dan THL W8.

Cara cek sistem operasi (OS) ponsel:

Android

Buka menu ‘Setting’ atau ‘Pengaturan’ pada ponsel kamu.
Pilih menu ‘About Phone’ atau ‘Tentan Ponsel’.
Pilih opsi ‘Software information’ atau ‘Informasi perangkat lunak’
Di sana, kamu akan melihat ‘Versi Android’
Apabila versi Android yang tertera merupakan 4.0.2 (Ice Cream) atau di bawahnya, maka ponsel kamu tidak akan bisa menggunakan WhatsApp.

iOS

Buka menu ‘Setting’ atau ‘Pengaturan’ pada ponsel kamu.
Pilih menu ‘General’ atau ‘Umum’.
Pilih opsi ‘About’ atau ‘Mengenal’.
Di sana, akan muncul informasi versi OS perangkat iPhone kamu.
Jika versi iPhone kamu adalah iOS 8 ke bawah, maka kamu tidak bisa menggunakan WhatsApp lagi. {viva}