Tekno  

Menkominfo Johnny G Plate Harap Indonesia Lahirkan 1 StartUp DecaCorn Lagi

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengharapkan Indonesia akan segera memiliki tambahan decacorn, startup yang memiliki valuasi di atas USD10 miliar.

“Resiliensi (ekonomi digital) tercermin dari peningkatan pendanaan sejumlah startup di Indonesia, di mana hingga kini Indonesia telah memiliki satu decacorn yakni Gojek. Dan mudah-mudahan segera dua,” kata Johnny dalam keterangan persnya, Rabu (13/10/2021).

Saat ini selain satu decacorn, Indonesia telah memiliki tujuh unicorn antara lain Tokopedia, Traveloka, OVO, Bukalapak, J&T Express, OnlinePajak, Xendit, dan Ajaib.

Mengutip data yang dirilis Google, Temasek dan Bain tahun 2020, pertumbuhan startup digital meningkat di masa pandemi akibat peningkatan pengguna layanan digital.

“Jumlah pengguna internet yang mencapai 202,6 juta orang per Januari 2021. Di samping itu, pengguna layanan digital di Indonesia juga mengalami pertumbuhan sebesar 37 persen selama pandemi Covid-19,” jelasnya.

Johnny menyatakan, adanya kolaborasi antar startup seperti Gojek dan Tokopedia, diharapkan mampu memperkuat ekosistem ekonomi digital nasional. {sindo}