Nussa Jadi Film Pertama Menangkan Kategori Animasi Panjang Terbaik FFI

Malam penganugerahan Festival Film Indonesia 2021 telah sukses digelar. Acara berlangsung secara tatap muka di JCC, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (10/11) malam.

Film Nussa dari Visinema sukses memenangkan Kategori Animasi Panjang Terbaik. Ini merupakan kali pertama FFI mengadakan kategori tersebut.
Produser Nussa, Anggia Kharisma, mengaku bangga atas prestasi ini. Ia pun berterima kasih pada tim penjurian FFI karena telah mengapresiasi film Nussa.

“Terima kasih kepada seluruh panitia FFI 2021 yang sudah bekerja keras dan atas terselenggaranya kategori baru, Film Animasi Panjang Terbaik,” ungkap Anggia di JCC, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (11/10).

Menurut Anggia, ini adalah sebuah apresiasi yang luar biasa. Sebab, tim produksi Nussa bekerja sangat keras untuk mewujudkan film.

“Kami telah bekerja keras selama dua setengah tahun, hampir tiga tahun, untuk menggarap film ini. Ini juga kali pertama kami bekerja sama dengan The Little Giantz dan Visinema. Terima kasih juga untuk sahabat Nussa semua orang yang sudah balik ke bioskop untuk menonton film Indonesia,” tuturnya.

Ia pun membeberkan harapannya atas kemenangan ini. Ia sangat ingin agar film animasi Indonesia bisa semakin maju di masa depan.

“Saya harap, Nussa bisa jadi awalan untuk majunya animasi Indonesia dan film Indonesia ke depannya,” kata Anggia.

“Nussa adalah film yang kami persembahkan dari lubuk hati untuk anak dan keluarga di Indonesia,” sambungnya.

Sutradara Bony Wirasmono juga merasa bangga. Ini pun jadi bukti bahwa industri film animasi lokal sudah mulai berkembang pesat.

“Ini adalah langkah baru untuk tumbuhnya karya animasi anak bangsa dan ini juga merupakan sebuah bukti bahwa animasi lokal enggak kalah keren dari animasi luar,” ujar Bony.

Nussa memenangkan Piala Citra mengalahkan dua kompetitor, yakni Riki Rhino dan Adit Sopo Jarwo The Movie. Kategori Animasi Panjang Terbaik pun baru tahun ini diadakan.

Biasanya, FFI hanya mengapresiasi animasi pendek. Tahun ini, aategori Animasi Pendek Terbaik di FFI 2021 dimenangkan oleh Ahasveros. {kumparan}