Gelar Balapan World Superbike 2021, Ini Spesifikasi Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah

Sirkuit Jalan Raya Internasional Mandalika, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sirkuit Mandalika, akan menjadi tempat balapan World Superbike (WSBK) 2021. Trek baru ini memiliki spesifikasi kelas dunia.

Sirkuit Mandalika terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sirkuit ini memiliki panjang 4,31 km dengan total 17 tikungan. Akan tetapi, panjang tersebut sudah dikurangi dari rencana awal, yaitu 4,32 km dengan 19 tikungan.

Pengurangan tersebut dikarenakan terlalu banyak tikungan dianggap dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Oleh karena itu, dua tikungan pun terpaksa dihapus.

Semenara itu, aspal sirkuit ini pun merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Sirkuit Mandalika memakai aspal teknologi terbaru, yaitu Stone Mastic Asphalt yang memiliki daya tahan yang kuat.

Selain itu, Sirkuit Mandalika juga bisa menampung hingga total 195.700 orang. Akan tetapi, tempat duduk yang disediakan hanya mampu menampung 50.000 orang.

Sirkuit Mandalika juga dikatakan mampu menampung sebanyak 40 garasi yang bisa dipakai oleh setiap tim balap. Tak heran jika sirkuit tersebut memiliki taraf internasional.

Fasilitas mumpuni di Sirkuit Mandalika bukan menjadi satu-satunya hal yang menarik perhatian dunia. Faktanya, sirkuit tersebut juga dihiasi dengan pemandangan laut biru yang indah dan mampu memanjakan mata.

Hal tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para penonton yang ingin menyaksikan ajang balap sekaligus menikmati keindahan alam di Lombok.

WSBK bukan menjadi satu-satunya ajang balap yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika. Setelahnya, MotoGP juga akan hadir di Sirkuit Mandalika pada 2022. {okezone}