News  

4 Medali Indonesia Di Kejuaraan Karate Asia Tanpa Diiringi Kibaran Merah Putih

Tim Indonesia yang sedang berjuang di Kejuaraan Karate Asia 2021 di Almaty, Kazakhstan, meraih empat medali yang tak diiringi bendera Merah Putih dalam seremoni penyerahan medali.

Medali emas diraih Akio Zaiko yang tampil di nomor Kata individual kadet dan Hazel Ramadhan di Kata individual junior.

Tim karate Indonesia juga berhasil meraih satu perak melalui Tiara Sandy dari kategori kumite +54 kg putri kadet serta tambahan satu perunggu dari Nadlima Alya dari kelas Kata individual putri kadet.

Ofisial tim karate Indonesia, Ricky Muchtar, menyatakan tanpa bendera negara para atlet tetap tampil penuh motivasi.

“Walaupun pada acara penyerahan medali, bendera Merah Putih tidak dapat dikibarkan karena hukuman dari Badan Anti Doping Dunia belum berakhir, namun itu tidak menyurutkan nilai juang atlet Garuda Indonesia.

Tentunya kami tetap berharap masalah sanksi doping terhadap LADI (Lembaga Anti Doping Indonesia) agar segera berakhir supaya Merah Putih bisa kembali berkibar,” ucap Ricky.

Problem sanksi terhadap LADI juga sebelumnya membuat bendera Indonesia tak bisa berkibar di beberapa ajang, termasuk Piala Thomas dan Piala AFF.

Dengan raihan tersebut, tim Indonesia sudah melampaui target dua emas yang dicanangkan. Tim Indonesia masih akan berupaya menambah perbendaharaan medali hingga kejuaraan berakhir pada 22 Desember.

Kepala delegasi tim karate Indonesia, Darly Siregar, menyatakan peluang masih terbuka bagi karateka-karateka Indonesia hingga hari terakhir.

“Pencapaian yang luar biasa dan diharapkan tetap berlanjut di hari kedua hingga hari kelima. Semua bisa terjadi berkat kekompakan tim yang solid yang terdiri dari empat pilar yaitu pengurus, pelatih, atlet dan wasit/juri.

Dan tentunya semangat juang anak-anak. Walaupun cuaca dingin, tapi semangat atlet dan pelatih tidak pernah dingin,” ujar Darly dikutip dari rilis resmi. {CNN}