News  

Duh! Oknum Perwira Polisi Berbobot 120 Kg Tindih Janda Selingkuhan Hingga Tewas

Kematian janda selingkuhan oknum perwira polisi, Dy (49) tak dikira oleh keluarga korban. Pasalnya, selama ini korban tak memiliki riwayat penyakit. Karena itu, pihak keluarga korban melaporkan kematian Dy kepada polisi dan minta jasadnya diautopsi.

Dari situlah, perselingkuhan jadan dengan oknum perwira polisi itu terbongkar. Oknum perwira polisi, Iptu RK pun kini dijebloskan ke penjara.

Dari secuil pengakuannya, kematian Dy diakibatkan tindihan Iptu Rk setelah semangat main di ranjang. Adapun bobot Iptu Rk sekitar 120 kg. Belum lagi cara main kasar Iptu Rk yang menyebabkan kepada Dy terbentur ke tembok.

Berikut perjalanan kasus terbongkarnya perselingkuhan oknum perwira polisi Iptu Rk dengan janda Dy. Kasus ini mulai bergulir saat pihak keluarga korban meminta keadilan.

Mereka merasa meninggalnya Dy ada yang janggal, terlebih korban tidak memiliki riwayat penyakit. Oleh karena itu, keluarga korban membuat laporan ke pihak berwajib dan menuntut dilakukan autopsi kepada korban.

Iptu RK resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini pada Rabu (23/6/2021). Sementara sidang pembacaan vonis digelar pada Senin (10/1/2022) lalu.

Setelah melalui proses yang panjang, hakim akhirnya menjatuhkan vonis kepada terdakwa RK dengan hukuman 1 tahun penjara atas kesalahannya.

“Kita menjerat terdakwa RK dengan pasal 359 KUHP. Itu merupakan dakwaan ketiga dari Jaksa Penuntut Umum,” kata Humas Pengadilan Negeri (PN) Pelalawan, Rahmat Hidayat Batubara SH MH, , Kamis (13/1/2022) kemarin.

Sidang putusan dipimpin oleh majelis hakim Helen Yolanda Sinaga SH MH sebagai ketua majelis. Didampingi hakim anggota Rahmat Hidayat Batubara SH MH dan Jeta Darmawan SH Mm J sebagai hakim anggota.

Putusan hakim berdasarkan fakta persidangan, terdakwa tidak terbukti melakukan kesengajaan menghilangkan nyawa korban dan menganiaya korban hingga meninggal dunia, seperti pada dakwaan pertama pasal 338 KUHP dan dakwaan kedua pasal 351.

Hakim melihat terdakwa terbukti pada dakwaan ketiga yakni dengan kelalaian atau kealpaannya menyebabkan korban meninggal dunia. Ketika itu terdakwa dan janda itu sedang melakukan hubungan badan dengan gaya menungging.

Naas bagi korban, ia terjatuh hingga tubuhnya terlipat dan ditimpa oleh tubuh terdakwa. Korban meninggal dunia di dalam kamar.

“Semua fakta persidangan mengarah ke dakwaan ketiga ini. Atas putusan itu, terdakwa menerima tetapi JPU menyatakan banding,” tambah Rahmat Batubara.

Jaksa banding

Kini banding telah diajukan JPU Kejaksaan Negeri (Kejari) Pelalawan. Memori banding telah dikirimkan ke Pengadilan Tinggi (PT) Riau untuk diproses dan disidangkan kembali.

Sebelumnya JPU menuntut terdakwa dengan hukuman lima tahun penjara. Namun turun drastis pada putusan majelis hakim.

Kepala Kejari Pelalawan, Silpia Rosalina SH MH melalui Kasi Pidum Riki Saputra SH MH membenarkan pihaknya menyatakan banding terhadap putusan atas perkara pidana oknum perwira polisi tersebut. Jaksa tidak terima karena putusan di bawah setengah dari tuntutan.

Pihaknya menuntut Iptu RK dengan penjara lima tahun menggunakan pasal 338 KUHP yakni penganiayaan yang menyebabkan hilangnya nyawa korban atau kerap disebut pembunuhan.

“Pasal yang digunakan hakim dalam vonis berbeda dengan pasal yang digunakan JPU pada tuntutannya,” ucap Saputra.

Kronologi kematian janda

Dy tercatat sebagai warga Kota Medan, Sumatera Utara. Kasus ini bermula saat korban Dy menghubungi Iptu RK. Ia memberitahu kepada Iptu RK dirinya sedang dalam perjalanan dari Medan, Sumatera Utara, ke Pangkalan Kerinci.

Wanita itu juga ingin memperkenalkan temannya yang hendak mencari pekerjaan. Dy bersama rekannya kemudian bertemu dengan Iptu RK pada 2 Juni 2021.

Lokasinya berada di Asrama Polisi (Aspol) Polres Pelalawan, tepatnya di blok yang dihuni Iptu RK. Setelah berbincang-bincang, saksi disuruh pulang dan tinggal korban dan Iptu RK. Beberapa saat kemudian, Iptu RK dan Dy berhubungan badan dalam kamar.

Sosok Iptu RK

Iptu RK sudah memiliki istri. Keluarganya tinggal di Pekanbaru, sedangkan ia berada di Aspol Polres Pelalawan. Adapun Iptu RK menjalin hubungan gelap dengan Dy.

Setelah selesai, ternyata korban meminta berhubungan badan lagi, tapi dengan gaya yang berbeda, yakni menungging, membelakangi pasangannya dengan kepala menghadap ke dinding.

Saat melakukan hubungan badan kedua kali, ternyata Iptu RK terlalu bersemangat ditambah posisi Dy tidak aman. Saat gairah memuncak, wanita itu jatuh dan kepala membentur tembok dengan keras hingga terjatuh dengan posisi bersujud.

Mengingat bobot tubuh Dy yang beratnya sampai 120 kilogram ditambah badan Iptu RK menindihnya, korban kesulitan bernapas dan kehilangan nyawa di kamar itu. Jenazah korban kemudian dibawa ke kampung halaman dan dikebumikan. {tribun}