Piala Asia Wanita 2022, Timnas Putri Indonesia Dibantai Australia 18 Gol Tanpa Balas

Laga Timnas Putri Indonesia vs Australia di fase grup B Piala Asia Wanita 2022 sudah rampung digelar. Hasilnya, Garuda Pertiwi -julukan Timnas Putri Indonesia- kalah telak dengan skor 0-18.

Ya, Australia benar-benar tampil trengginas di sepanjang laga yang digelar di Mumbai Football Arena, India, Jumat (21/1/2022) sore WIB. Di babak pertama, Indonesia bahkan sudah tetringgal dengan skor 0-9. Penderitaan Indonesia berlanjut ke babak kedua sehingga kekalahan telak tak terhindarkan.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Australia memulai laga dengan begitu perkasa. Kurang dari 15 menit awal laga, dua gol sudah berhasil mereka cetak. Kedua gol ini dicetak oleh sang pemain bintang, Sam Kerr pada menit kesembilan dan 11.

Gempuran Australia tak berhenti di situ. Selang tiga menit kemudian, Caitlin Foord menambah keunggulan The Matildas -julukan Timnas Putri Indonesia- menjadi 3-0 usai tendangannya tak bisa disantisipasi oleh Fani Supriyanto.

Berusaha mengejar, Garuda Pertiwi justru semakin tertinggal jauh. Ialah Mary Fowler (17’) dan tandukkan Hayley Raso (24’) yang membawa Australia makin unggul 5-0.

Penderitaan Timnas Putri Indonesia bertambah di menit ke-26 usai terjadinya pelanggaran di kotak terlarang. Australia dihadiahi penalti dan Sam Kerr yang ditunjuk sebagai algojo pun sukses menjalankan pekerjaannya dengan baik. Australia unggul 6-0.

Rapuhnya lini belakang Timnas Putri Indonesia membuat Australia tampak makin leluasa untuk untuk menyerang. Tiga gol tambahan bisa mereka ciptakan di 15 menit berikutnya, lewat aksi Ellie Carpenter (34’), Sam Kerr (36’), dan Emily Van Egmond (39’).

Sebelum pertandingan berakhir, pasukan Rudy Eka Priyambada mencoba melakukan balasan, namun itu semua berakhir sia-sia karena lini pertahanan Australia kelewat solid. Pada akhirnya, keunggulan 9-0 untuk Timnas Australia bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Di babak kedua, Indonesia melakukan sejumlah perubahan dalam segi pemain. Salah satunya mengganti Fani dengan Nurhalimah dalam menjaga mistar gawang.

Timnas Putri Indonesia

Namun, Australia yang sudah unggul jauh tampak belum puas sehingga masih terus menggempur gawang Indonesia. Sejumlah usaha mereka pun membuahkan hasil manis.

Di menit ke-48, Emily van Egmond menggenapkan keunggulan Australia menjadi 10-0 usia membobol gawang Indonesia lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penati.

Selang enam menit kemudian, giliran Sam Kerr yang membobol gawang Indonesia hingga timnya unggul 11-0. Gol ke-12 Australia kemudian dicetak oleh Emily van Egmond lewat tandukannya.

Peluang akhirnya didapat Indonesia di menit ke-61. Kerja sama pemain berhasil membawa bola berada dekat dengan gawang Australia. Baiq Amiatun Shalihah kemudian melepaskan tendangan keras ke gawang Australia. Namun sayang, bola masih melambung ke sisi gawang.

Australia kemudian melanjutkan pesta golnya. Ada lima gol tambahan yang tercipta. Di antaranya dicetak oleh lewat aksi Kyah Simon (67’ dan 71’), Emely Van Edgmond (69’), Aivi Luik (78’)

Di 10 menit jelang berakhirnya laga, Timnas Putri Indonesia terlihat berusaha keras menjaga gawangnya tak kebobolan lagi. Namun, usaha mereka gagal berbuah manis karena Harley Raso mencetak gol kembali hingga membawa Australia unggul 18-0. Skor ini pun bertahan hingga akhir laga.

Susunan Pemain Timnas Putri Australia vs Timnas Putri Indonesia:

Timnas Putri Australia (4-1-4-1): Mackenzie Arnold, Ellie Carpenter, Alanna Kennedy, Clare Polkinhhorne, Steph Catley, Clare Wheeler, Hayley Raso, Mary Fowler, Emily Van Egmond, Caitlin Foord, Sam Kerr.

Pelatih: Tony Gustavsson

Timnas Putri Indonesia (4-4-2): Fani Supriyanto, Diah Tri Lestari, Vivi Oktavia Riski, Ade Mustikiana Oktafiani, Remini Chere Rumbewas, Octavianti Nurmalita, Baiq Amiatun Shalihah, Helsya Maeisyaroh, Pani Tri Oktavianti, Viny Silfianus Sunaryo, Zahra Muzdalifah.

Pelatih: Rudy Eka Priyambada {okezone}